Warga Palangka Raya diminta tak bakar lahan sembarangan saat cuaca panas

id Karhutla,Palangka Raya,Kalteng,Cuaca Panas,Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Palangka RayaHeri Fauzi,Bhabinkamtibmas,Babinsa

Warga Palangka Raya diminta tak bakar lahan sembarangan saat cuaca panas

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Palangka Raya Haeri Fauzi. ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh warga di wilayah setempat, aga tidak membakar lahan secara sembarangan saat kondisi cuaca mengalami panas yang cukup tinggi, seperti sekarang ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan di BPBD Kota Palangka Raya Heri Fauzi di Palangka Raya, Jumat mengatakan bahwa warga harus mengikuti surat edaran (SE) wali kota agar memahami di saat cuaca panas seperti ini tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Untuk mencegah terjadinya karhutla di saat cuaca panas mencapai 35 derajat celcius ini, maka warga harus berhati-hati dalam menggunakan api salah satunya puntung rokok yang bisa menjadi penyebab karhutla apabila dibuang sembarangan," katanya.

Heri menjelaskan, BPBD Kota Palangka Raya juga menyiapkan draf terkait siaga menghadapi karhutla sehingga dengan adanya imbauan karhutla tersebut pemerintah serta swasta bisa siaga ketika ada terjadi karhutla di sekitar wilayahnya.

Ia menegaskan, dari lima kecamatan yang ada di daerah setempat wilayah yang patut diwaspadai dan sering menjadi langganan karhutla karena wilayahnya yang cukup luas adalah Kecamatan Jekan Raya, Pahandut, Sabangau dan Bukit Batu sedangkan untuk Kecamatan Rakumpit tidak terlalu.

"Agar karhutla tidak terjadi pada kondisi cuaca yang sangat panas seperti sekarang ini adalah, peran camat dan lurah sangat diandalkan untuk mensosialisasikan terkait warga tidak membuka lahan dengan cara membakar karena bisa menyebabkan karhutla apabila tidak dikelola dengan baik," bebernya.

Mantan Lurah Bukit Tunggal itu menambahkan, agar bencana karhutla tidak melanda wilayah 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya personel BPBD Kota setempat juga menggencarkan patroli di sejumlah wilayah yang dianggap rawan terjadi karhutla.

Baca juga: Cegah Karhutla, masyarakat Palangka Raya diminta hati-hati menggunakan api

Bahkan tim BPBD Kota juga gencar mensosialisasikan terkait bahaya karhutla kepada masyarakat secara langsung, maupun bersama anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang berada di setiap kelurahan.

"Insya Allah apabila semua instansi serta masyarakat terlibat dalam kepedulian pencegahan karhutla, maka tahun ini bencana karhutla yang bisa membuat resah daerah tidak akan terjadi," bebernya.

Dari informasi yang dihimpun, apabila ada oknum warga yang ketahuan dengan sengaja membakar lahan atau hutan maka bisa dikenakan tindak pidana sesuai aturan yang berlaku oleh kepolisian yang berada di wilayah setempat.

Baca juga: Cuaca semakin panas, pemda se-Kalteng diminta waspadai karhutla

Baca juga: Anggota DPR: Pemda se-Kalteng lakukan mitigasi karhutla sejak dini


Baca juga: Pemprov Kalteng antisipasi karhutla di daerah gambut rawan terbakar