Bantuan pangan pemerintah bantu penuhi kebutuhan masyarakat di Lamandau

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, hendra lesmana

Bantuan pangan pemerintah bantu penuhi kebutuhan masyarakat di Lamandau

Penyaluran bantuan kepada masyarakat Kecamatan Bulik Timur, Rabu (17/5). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengatakan, melalui penyaluran bantuan pangan pemerintah diharapkan mampu meringankan beban masyarakat.

"Semoga bantuan pangan dan program lainnya yang dilakukan pemerintah ini, bisa memberi manfaat sebanyak-banyaknya untuk masyarakat," kata Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Kamis (18/5).

Adapun Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Ketahanan Pangan menyerahkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada masyarakat yang salah satunya di Kecamatan Bulik Timur, Rabu (17/5).

Badan Pangan Nasional melalui PT. Pos Indonesia menyalurkan bantuan bagi masyarakat Kabupaten Lamandau berupa beras jenis Premium sebanyak 10 kg untuk 2.673 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Selain bantuan CPP, melalui Dinas Sosial dikesempatan yang sama juga diserahkan Bantuan Pangan Sembako (BPS) dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap II dari Kementerian Sosial RI yang disalurkan melalui PT. Pos Indonesia.

Adapun jumlah penerima bantuan CPP yang mana datanya berasal dari data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Lamandau Tahun 2023 total se-Kabupaten Lamandau sebanyak 2.673 KPM dan untuk Kecamatan Bulik Timur sebanyak 316 KPM.
 
Kemudian, Data penerima BPS se-Kabupaten Lamandau sebanyak 1.007 KPM dan untuk Kecamatan Bulik Timur sebanyak 117 KPM.

Untuk data penerima Bantuan PKH se-Kabupaten Lamandau tahun ini sebanyak 1.019 KPM, dan untuk Kecamatan Bulik Timur sebanyak 107 KPM.

Penerima Bantuan CPP ini juga terdata sebagai penerima bantuan BPS dan PKH. Untuk besaran bantuannya sama dengan bantuan yang disalurkan di Kecamatan Sematu Jaya dan Menthobi Raya sebelumnya.