Lipsus - Satu tahun bersama Penjabat Bupati Barito Selatan

id Barito Selatan,Satu Tahun Bupati Barito Selatan,Lisda Arriyani

Lipsus - Satu tahun bersama Penjabat Bupati Barito Selatan

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melantik Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana.ANTARA/HO-Humas Pemkab Barito Selatan.)

Buntok (ANTARA) - Bangun kejayaan Barito Selatan melalui pembangunan infrastruktur dan ekonomi 

Pada 22 Mei 2022 menjadi hari bersejarah bagi Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, karena wilayah dengan luas 8.830 km² itu resmi dipimpin seorang perempuan sebagai Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana, Ssos.

Lisda yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.62-1169  Tahun 2022 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah dan dilantik atas nama menteri dalam negeri oleh Gubernur Kalimantan Tengah untuk mengisi kekosongan kepala daerah menyusul telah berakhirnya masa jabatan Bupati H Eddy Raya Samsuri. 

Sehari setelah pelantikan, Penjabat Bupati Barito Selatan langsung melaksanakan tugas konsolidasi dan kunjungan kerja ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan, Kepala Kepolisian Resort Barito Selatan, pengadilan agama, Kejaksaan Negeri Barito Selatan dan komisi pemilihan umum.

Derap langkah tekad Lisda dalam membangun kejayaan Barito Selatan, jauh lebih ringan karena sebagai penjabat bupati, dia tidak dipilih langsung oleh rakyat, sehingga tidak memiliki janji-janji politik yang harus ditunaikan selama satu tahun ke depan, sehingga pembangunan yang dilakukan lebih fokus pada permasalahan utama yang terjadi di masyarakat.

Kini setelah satu tahun menjabat, beberapa capaian pembangunan telah berhasil dilaksanakan, mulai dari pembangunan infrastruktur, sosial kemasyarakatan hingga penguatan ekonomi masyarakat.

Bidang pembangunan infrastruktur, pada tahun 2022 dilaksanakan  pekerjaan rekonstruksi/peningkatan jalan Tabak Kanilan – Muka Haji sepanjang 1,55 km, Jalan Ugang Sayu – Palu Rejo panjang penanganan 0,35 km, rekonstruksi jalan RT 2 Desa Teluk Timbau dan pekerjaan cor beton sepanjang  0,12 km, pengaspalan sebagian ruas Jalan Mayor Pitel Buntok – Mabuan – Kalahien, dan kebersihan kota, pembersihan jalan protokol dan pengangkutan sampah yang dilaksanakan dua kali sehari pada pagi dan sore.

 
Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana, Ssos saat  meninjau pelaksanaan vaksinasi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Barito Selatan.)

Di bidang  kesehatan, salah satu tugas yang masih menjadi beban berat Penjabat Bupati Barito Selatan adalah masih tingginya angka stunting yang mencapai 35,6 persen.

Melalui program percepatan penurunan stunting, dilaksanakan kegiatan rembuk stunting bersama perangkat daerah terkait dan telah ditandatangani kesepakatan bersama dalam penanganan stunting, serta sebagai dukungan dalam penanganan stunting melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Barito Selatan telah melaksanakan rehabilitasi rumah tidak layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah pada tahun 2022 sebanyak 35 rumah di Desa Danau Sadar, 35 rumah di Desa Teluk Mampun dan 25 rumah di Desa Pamait. 

Selain itu, setiap organisasi perangkat daerah juga diberikan tanggung jawab tambahan untuk membina layanan posyandu dalam rangka meningkatkan tingkat kehadiran pada penimbangan dan pemeriksaan balita di posyandu.  

Di sisi lain dalam perlindungan kesehatan masyarakat, salah satu prestasi yang membanggakan telah diperoleh Kabupaten Barito Selatan dengan diterimanya penghargaan Universal Health Care (UHC) yang diserahkan menteri dalam negeri kepada Penjabat Bupati Barito Selatan dalam layanan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat dengan kepesertaan aktif telah mencapai  lebih 60 persen.

 
Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana, saat kunjungan kerja ke TK. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Barito Selatan.)

Pada bidang pendidikan dilaksanakan pembangunan laboratorium komputer pada SDN Desa Baru, SDN Babai, SDN 1 Tabak Kanilan, SDN Danparan dan SDN Muara Singan.

Selain itu, pembangunan ruang kelas SDN 2 Pendang, SDN 3 Pendang, pembangunan ruang guru SDN 1 Patas i dan ruang uks SDN Rikut Jawo,serta rehabilitasi beberapa tk negeri, diantaranya  rehabilitasi ruang kelas TK Pembina Hilir Sper dan Buntok, serta pembangunan area bermain ape TK Pembina Pendang. 

Tingkat SLTP dilaksanakan pembangunan laboratorium komputer SMPN 1 dan SMPN 2 Dusun Utara, SMPN 2 dan SMPN 4 Karau Kuala, SMPN 3 Dusun Selatan, SMPN 3 Gunung Bintang Awai serta pembangunan ruang tata usaha, ruang toilet dan ruang UKS serta tempat ibadah.

Selain itu, rehabilitasi beberapa TK negeri, diantaranya  rehabilitasi ruang kelas TK Pembina Hilir Sper dan Buntok, serta pembangunan area bermain ape TK Pembina Pendang.

Pada bidang ekonomi, di awal masa jabatan Penjabat Bupati Barito Selatan, sangat banyak menghadapi tantangan dan permasalahan terutama di sektor ekonomi.

Menghadapi permasalahan pengendalian inflasi harga komoditas pangan, penjabat bupati mensinergikan beberapa perangkat daerah terkait melaksanakan penyaluran bantuan sembako bagi masyarakat miskin di setiap wilayah desa/kelurahan, penyaluran Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan tepat waktu.

Selain itu, juga melaksanakan operasi pasar dengan penjualan sembako  murah bersubsidi di beberapa desa di wilayah Kabupaten Barito Selatan, bazar pangan murah, dan  di bidang transportasi, melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Selatan serta melaksanakan program subsidi transportasi sampai Desember 2022.

Melalui dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan dilaksanakan gerakan menanam cabai, kegiatan panen raya cabai, gerakan menanam  bawang merah dan panen raya bawang merah, serta mendorong peningkatan produksi pertanian melalui penanaman perdana padi biofortifikasi dan dilaksanakan secara simbolis panen raya padi sejuta hektar di beberapa daerah di Kabupaten Barito Selatan dipusatkan di Desa Muka Haji Kecamatan Gunung Bintang Awai serta pemberian bantuan selisih harga pakan dan BBM kepada para nelayan.
 
Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana, saat menghadiri penanaman padi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Barito Selatan.)


Dalam mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat, Penjabat Bupati Barito Selatan memberikan perhatian khusus pada pembinaan dan promosi produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah yang dikembangkan dari bahan baku lokal seperti anyaman rotan, purun, bamban dan enceng gondok, serta produk-produk makanan ringan. 

Kesempatan promosi diberikan pada momen ekspo yang dilaksanakan di tingkat provinsi maupun kabupaten. Pada momen-momen kegiatan penting yang dilaksanakan di daerah Kabupaten Barito Selatan, seperti kegiatan musrenbang baik ditingkat desa, kecamatan maupun pada even rapat kerja daerah, gelaran car free day yang dilaksanakan setiap hari minggu.

Lisda juga selalu menekankan agar disiapkannya lokasi untuk stan pameran produk umkm agar lebih dikenal dan dicintai masyarakat luas. 
 
Pada bidang keagamaan, sosial, budaya dan kemasyarakatan, penjabat Bupati Barito Selatan juga telah mencanangkan dan melaksanakan pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat pada Minggu kedua setiap bulannya bagi yang beragama Islam, dan bagi yang beragama Protestan dan Katolik dilaksanakan pada hari rabu secara daring yang diikuti seluruh SOPD, serta aktif dalam mendukung terselenggaranya kegiatan-kegiatan keagamaan dan budaya seperti safari nyepi, safari natal pelaksanaan acara kebudayaan wara di Desa  Marawan Lama, perayaan dharma santi hari raya Nyepi tahun baru saka 1945.

Pada sektor pemerintahan Lisda juga selalu berusaha mewujudkan reformasi birokrasi, menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), mengkoordinasikan dengan pemerintah pusat untuk pembangunan menara telekomunikasi dalam rangka mewujudkan Barito Selatan merdeka sinyal pada tahun 2023. 

Dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, pada tahun 2022 pemerintah kabupaten barito selatan kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebagaimana telah diterima pada tahun-tahun sebelumnya.

Bergerak maju menuju Barito Selatan yang 

Berkah, amanah, inovatif, kompak