Pulang Pisau tetapkan status siaga karhutla

id BPBD Pulang Pisau tetapkan status siaga karhutla, kalteng, Pulang Pisau

Pulang Pisau tetapkan status siaga karhutla

Rapat koordinasi pengendalian karhutla yang dilaksanakan di aula Bappeda dan Litbang pada Rabu (24/5/2023). ANTARA/HO

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah,  Osa Maliki mengatakan penetapan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) salah satunya didasari informasi dari BMKG bahwa awal Juni diperkirakan curah hujan menurun drastis sehingga kesiapsiagaan pencegahan harus segera dilakukan.

“Dalam upaya penetapan status siaga ini sebenarnya beberapa pihak meminta agar tidak salah dalam menentukan waktunya, tetapi penetapan ini sebagai bentuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan kebencanaan khususnya karhutla,” kata Osa Maliki di Pulang Pisau, Rabu.

Dijelaskan Osa Maliki dalam rapat koordinasi pengendalian karhutla, pihaknya juga masih dibuat bingung dengan kondisi cuaca di Kabupaten Pulang Pisau.

Kondisi cuaca belum bisa dipastikan sepenuhnya karena beberapa wilayah di Kecamatan Kahayan Tengah masih turun hujan, sementara di kecamatan lain panas terik yang berpotensi bisa menyebabkan ancaman terjadinya karhutla.    

“Koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait tentu kita perkuat komitmen bersama dalam mencegah terjadinya karhutla di kabupaten setempat,” paparnya.

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Reliasi dalam rapat koordinasi karhutla menekankan beberapa poin dalam pencegahan dan kesiapsiagaan personel agar terbangun kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam pencegahan karhutla. 

Baca juga: PDIP Pulang Pisau pecat satu bacaleg

Dikatakan Reliasi bahwa rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait merupakan bentuk dari status kesiapsiagaan agar kabupaten setempat bebas kabut asap. Selain itu sebagai upaya langkah awal untuk memadukan pencegahan dan kesiapsiagaan, mulai dari membangun komunikasi untuk meningkatkan kapasitas kesiapan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah setempat.

“Melalui rapat koordinasi pengendalian karhutla ini bisa untuk menginventarisir seluruh program kegiatan pada OPD terkait dalam melakukan penyusunan perencanaan pengumpulan kapasitas din setiap daerah berupa data, informasi, sarana prasarana, dan logistik serta sumber daya manusia, baik dari lembaga pemerintah maupun nonpemerintah,” katanya.

Menurut Reliasi, dari beberapa poin tersebut bisa memberikan gambaran penting bahwa upaya pengendalian karhutla memiliki manfaat besar bagi keberlangsungan ekonomi. Upaya pencegahan perlu dilakukan agar tidak menghancurkan aktifitas mata pencaharian masyarakat apabila terjadi kabut asap.

Perlu diketahui, kata dia, berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat rakor nasional penanggulangan bencana di Sentul Bogor Jawa Barat pada 1 Maret 2023 lalu, seluruh instansi pemerintah pusat maupun daerah harus bersama-sama bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan serta melakukan identifikasi terhadap resiko di daerah rawan bencana sampai ke tingkat desa.

Reliasi mengajak, kepada seluruh pihak secara bersama-sama bisa ikut turut berupaya semaksimal mungkin dalam merealisasikan mitigasi kebencanaan.

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau kembali pertahankan opini WTP BPK-RI

Baca juga: KPU Pulang Pisau verifikasi 312 berkas bakal calon legislatif

Baca juga: Badan jalan menuju Desa Cemantan dibobol OTK