Jambore PKK Sukamara sarana mempererat persatuan

id Jambore PKK Sukamara sarana mempererat persatuan, kalteng, sukamara, windu subagio

Jambore PKK Sukamara sarana mempererat persatuan

Bupati sukamara Windu Subagio saat membuka kegiatan jambore kader pkk tingkat Kabupaten Sukamara 2023 di Aula Kantor Bupati SUkamara. Selasa (30/5/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio mengatakan, kegiatan jambore kader PKK merupakan wadah untuk memupuk rasa kebersamaan, mempererat hubungan silaturahim guna menambah wawasan pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas.

“Kader PKK sebagai mitra pemerintah daerah, yang menjadi motor penggerak program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera secara merata di wilayah ini,” ucapnya usai membuka kegiatan kegiatan jambore kader PKK tingkat Kabupaten Sukamara 2023 di Aula Kantor Bupati Sukamara, Selasa.

Menurutnya, pelaksanaan jambore PKK ini diharapkan bisa membentuk kader-kader PKK yang baik dan tangguh, adanya peningkatan kualitas sumber daya kepengurusan tim penggerak PKK yang ada di kabupaten, kecamatan, kelurahan maupun di desa, dengan meraih prestasi yang setinggi-tingginya.

“Saya berharap sebagai mitra kerja di bidang pemberdayaan masyarakat, tim penggerak PKK Kabupaten Sukamara beserta jajarannya untuk senantiasa meningkatkan kemampuan manajerial, terkait peran tugas dan fungsi serta mekanisme kegiatan yang profesional,” tutur Windu.

Baca juga: Pemkab Sukamara laksanakan pendidikan politik bagi pemilih pemula, sukseskan Pemilu 2024

Selanjutnya, kepada para camat, lurah dan kepala desa agar senantiasa meningkatkan upaya pembinaan terhadap seluruh kader PKK yang ada di kecamatan, kelurahan/desa masing-masing. Mari satukan langkah dan gerak sehingga setiap program kerja bisa terlaksana dengan baik.

“Manfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka terwujudnya kader penggerak PKK yang handal. Saya yakin para kader PKK di 5 kecamatan yang ada di wilayah ini sudah memiliki pemahaman terhadap fungsi dan tugasnya masing-masing, dengan satu tujuan yang sama yaitu mewujudkan kesejahteraan keluarga, meningkatkan kepedulian, kecintaan terhadap gerakan PKK," tambahnya.

Selain itu, pengurus dan kader PKK harus  bisa merangkul masyarakat,  serta  dengan perangkat daerah harus bisa melakukan kerjasama, berkolaborasi, dalam rangka mewujudkan 10 program pokok PKK dan berperan aktif terhadap pembangunan daerah di Kabupaten Sukamara.

“Karena itu, bangunlah keseimbangan, dalam artian seimbang dalam menjalankan peran sebagai kader PKK, istri dan ibu dalam rumah tangga yang akan menghadirkan keharmonisan, yang sejalan dengan tema acara hari ini yakni ‘melalui jambore kader PKK, kita tumbuh kembangkan karakter dalam keluarga menuju Sukamara berkah dan bermartabat’,” demikian Windu.

Baca juga: BPBD Sukamara minta masyarakat tak bakar lahan

Baca juga: Sejumlah pejabat lingkup Pemkab Sukamara bergeser

Baca juga: Wabup Sukamara ajak masyarakat saling menghargai dalam keberagaman