Disdukcapil Seruyan sudah layani 566 adminduk melalui program jemput bola

id Disdukcapil Seruyan,Seruyan,Jemput Bola,Kalteng

Disdukcapil Seruyan sudah layani 566 adminduk melalui program jemput bola

Petugas Disdukcapil Seruyan saat memberikan pelayanan di Desa Sandul Kecamatan Batu Ampar, (11/6/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus meningkatkan pelayanan dengan melalui program jemput bola melakukan pencatatan administrasi kependudukan (Adminduk) secara langsung.

“Kemarin kita melaksanakan pencatatan langsung di Kecamatan Batu Ampar melalui program jemput bola Disdukcapil. Artinya untuk memudahkan masyarakat kita membuka pelayanan datang langsung di kecamatan,” kata Kepala Disdukcapil Seruyan Domases AL Atak di Kuala Pembuang, Rabu.

Baca juga: DPRD minta DKPP Seruyan maksimalkan lahan tidur

Dia mengatakan, pelayanan jemput bola ini untuk memudahkan masyarakat khususnya yang berada jauh dari Ibu Kota Kabupaten, sehingga pihaknya yang datang untuk memberikan pelayanan adminduk.

Lanjut dia, pelayanan yang diberikan dalam program tersebut yakni pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak, Surat Pindah, Pindah Online, Rekam KTP, Akta Kelahiran, Kematian dan Perkawinan. Dari program tersebut yang telah dilayani di Desa Sandul Batu Ampar sebanyak 566 pelayanan administrasi kependudukan.

Baca juga: Tahun ini sembilan desa di Seruyan teraliri listrik PLN

“Pastinya pelayanan tersebut sangat membantu masyarakat yang memang berada jauh dari Ibu kota, karena kita mengetahui bersama geografis wilayah Seruyan ini memanjang tentu jarak menuju pelayanan di kantor juga sangat jauh,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga menjalankan program pelayanan adminduk jemput bola tersebut tidak hanya di waktu jam kerja namun juga di hari libur, hal tersebut tidak lain tujuannya untuk memudahkan masyarakat bagi warga yang ada pekerjaan. Seperti yang telah dilaksanakan di Desa Sandul, Kecamatan Batu Ampar tersebut.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta diprogramkan bantuan biaya tes narkoba

“Sabtu-Minggu tetap kita laksanakan pelayanan, walaupun hari libur dan bagi warga kita yang bekerja di perusahaan tidak perlu ijin atau meninggalkan pekerjaan karena ada peluang bagi mereka untuk mengurus adminduk nya pada hari libur,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di "Bumi Gawi Hantantiring" ini, salah satunya terus meningkatkan pelayanan jemput bola di kecamatan-kecamatan yang jauh dari pelayanan Disdukcapil.

Baca juga: Disdik Seruyan terus benahi Dapodik

Baca juga: DKPP Seruyan gratiskan pemeriksaan kesehatan hewan kurban