ULM terima 948 mahasiswa dari jalur KIP Kuliah

id ulm ,universitas lambung mangkurat,mahasiswa baru,banjarmasin,kalteng,kip kuliah

ULM terima 948 mahasiswa dari jalur KIP Kuliah

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan menerima sebanyak 3.390 mahasiswa baru jalur ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 yang telah diumumkan hasilnya oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kemendikbudristek.


"Selamat bagi yang lolos seleksi dan memilih ULM sebagai tempat menimba ilmu di pendidikan tinggi," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Dr dr Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F., SH, di Banjarmasin, Jumat.

Adapun dari jumlah yang diterima tersebut, 948 orang di antaranya merupakan pendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang nantinya mendapatkan beasiswa selama menempuh studi di ULM.

Selanjutnya bagi calon mahasiswa ULM yang lulus seleksi lewat jalur SNBP wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 3 sampai 6 Juli 2023 mendatang.

Diakuinya bahwa SNBT merupakan jalur paling berat dan kompetitif dalam persaingan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang digelar serentak secara nasional.

Pada tahun 2023 ini ULM sebagai PTN unggul di Kalimantan Selatan dan terbesar di Pulau Kalimantan menerima sebanyak 11.000 orang pendaftar di jalur SNBT.

Jumlah ini terdiri atas 8.375 pendaftar regular dan 2.625 pendaftar KIP Kuliah.

Adapun Program Studi Pendidikan Dokter memiliki peminat terbanyak yaitu 1.463 orang dengan total peserta yang lolos seleksi hanya 75 orang.

Sementara untuk bidang humaniora, kata dia, Program Studi Manajemen menjadi program studi yang paling diminati yaitu sebanyak 1.250 pendaftar dengan total lolos seleksi hanya 75 orang.

Sebelumnya ULM telah menerima sebanyak 1.589 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Berikutnya tersisa seleksi mandiri bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di ULM dan kini pendaftarannya telah dibuka.

Adapun kuota mahasiswa baru untuk Program Sarjana ULM tahun akademik 2023-2024 totalnya 6.888 orang dari tiga jalur seleksi yaitu SNBP, SNBT dan seleksi mandiri, demikian Iwan Aflanie .