Pemkab Sukamara-UMPR kerja sama peningkatan SDM melalui RPL

id Pemkab Sukamara-UMPR kerja sama peningkatan SDM melalui RPL, kalteng, Sukamara, Palangka raya, umpr

Pemkab Sukamara-UMPR kerja sama peningkatan SDM melalui RPL

Bupati Sukamara, Windu Subagio (Dua kiri) dan Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf usai menandatangani nota kesepahaman kerja sama, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-UMPR

Palangka Raya  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menjalin kerja sama peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah setempat dengan memaksimalkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

"Kerja sama antara Pemkab Sukamara dan UMPR ini diperkuat melalui penandatanganan nota kesepakatan (MoU) antara Bupati Sukamara dan Rektor UMPR," kata Koordinator Kerja Sama UMPR, Rakhdinda Dwi Artha Qairi di Palangka Raya, Selasa.

Pria yang juga putra daerah Sukamara ini menambahkan, melalui kerja sama itu, Pemkab Sukamara akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berkuliah di UMPR.

"Peningkatan SDM ini tidak hanya berlaku melalui program RPL dengan sasaran para pekerja, tetapi juga menyentuh mahasiswa lulusan SMA sederajat atau 'fresh graduate' saja," katanya.

Sementara Rektor UMPR Dr M Yusuf mengatakan, Sukamara telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Baca juga: Mahasiswa program RPL di UMPR lakukan ujian akhir tanpa skripsi

"Kedekatan UMPR dan Kabupaten Sukamara sudah lama terjalin. Kami pun ingin selalu memberi manfaat bagi semua. Tugas perguruan tinggi bukan hanya mencari mahasiswa, namun mencetak pemimpin yang berkualitas dan berintegritas," kata Yusuf.

Bupati Sukamara, Windu Subagio menambahkan, selain melalui program beasiswa, pihaknya juga telah banyak bekerja sama dengan UMPR, terutama dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan.

Diantaranya seperti pelaksanaan penelitian potensi dan pengembangan daerah, program pengabdian masyarakat dan program UMPR lain yang disesuaikan dengan keperluan di wilayah Kabupaten Sukamara.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara, Rendi Lesmana mengatakan pihaknya tengah fokus menyusun pembangunan daerah dan meningkatkan SDM-nya melalui pendidikan.

Dalam rangka mendukung program peningkatan SDM tersebut, Pemkab Sukamara juga merancangkan beasiswa bagi pelajar dan masyarakat di Sukamara yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Baca juga: Gerakan Hatue Bawi Dayak kembalikan ekosistem hutan lolos PPK Ormawa

Baca juga: UMPR bersama UHAMKA Jakarta kolaborasi dalam penguatan lulusan

Baca juga: DPRD Kalteng dukung rencana UMPR membuka Fakultas Kedokteran