Bupati Pulpis: Pesparawi bawa kesan damai dan sukacita

id Bupati Pulpis,Pudjirustaty Narang,Pesparawi ke VI tingkat kabupaten ,Pesparawi tingkat kabupaten ,Pulpis,Kalteng

Bupati Pulpis: Pesparawi bawa kesan damai dan sukacita

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta memberikan ucapan selamat datang kepada kontingen Pesparawi dari delapan kecamatan. ANTARA/ Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Pudjirustaty Narang menegaskan bahwa kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke VI tingkat kabupaten yang dipusatkan di Kecamatan Jabiren Raya selaku tuan rumah, diharapkan menjadi wadah menciptakan kebersamaan dan kekompakan sesama jemaat.

“Saya berharap kegiatan Pesparawi tingkat kabupaten ini dapat terlaksana dengan tertib, aman, dan lancar dan terimakasih kepada panitia penyelenggara dan berbagai pihak yang telah ikut mendukung kegiatan ini,” kata Pudjirustaty di Pulang Pisau (Pulpis), Kamis.

Secara pribadi dan pimpinan daerah, dirinya menyambut gembira terlaksananya kegiatan Pesparawi tingkat kabupaten yang dilaksanakan 6-9 Juli 2023. Motivasi juga diberikan kepada seluruh peserta lomba dari delapan kontingen untuk selalu menjaga kesehatan, kesantunan, dan sportivitas.

“Bukan saja baik dalam pelaksanaan, tetapi kegiatan ini juga membawa kesan damai dan sukacita,” ucap Pudjirustaty.    

Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Pulang Pisau Elieser Jaya mengungkapkan bahwa Pesparawi ke VI tingkat kabupaten yang dipusatkan di Gereja Eppata Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya diikuti sekitar 980 peserta dari delapan kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

“Ada 10 katagori yang diperlombakan dalam Pesparawi ini,” terang Elieser Jaya.

Diantaranya, lomba paduan suara campuran dewasa, paduan suara wanita, paduan suara pria, paduan suara remaja, solo anak dua katagori, solo remaja, dan vokal grup. Seluruh katagori ini hanya beberapa kecamatan saja yang mengikuti  seluruh lomba yaitu Kecamatan Kahayan Hilir, Kahayan Tengah, Banama Tingang, dan tuan rumah Kecamatan Jabiren Raya.

Menurut Elieser Jaya, tujuan dari pelaksanaan dari Pesparawi ini menjadi salah satu bagian peran dan tugas pemerintah setempat dalam rangka pembinaan mental dan spiritual masyarakat khususnya bagi umat Kristiani. 

“Untuk jumlah peserta terbanyak yang mengirimkan peserta dalam Pesparawi ke VI adalah Kecamatan Banama Tingang dengan total peserta sebanyak 178 orang disusul Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 176 orang,” paparnya.

Berdasarkan hasil rapat kerja Pesparawi ke V di Kecamatan Maliku, dijelaskan Elieser, untuk tuan rumah pelaksanaan Pesparawi ke VII tahun 2026 mendatang yang ditetapkan adalah Kecamatan Pandih Batu.