Polda Kalimantan Tengah siapkan pengamanan Pemilu 2024 melalui GO Harkamtibmas

id Polda Kalteng,Palangka Raya,Kalteng,Pengamanan Pemilu 2024,Keamanan ,Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji,K

Polda Kalimantan Tengah siapkan pengamanan Pemilu 2024 melalui GO Harkamtibmas

Kapolda Kalteng pimpin Gelar Operasi Triwulan II 2023 dan membahas terkait pengamanan Pemilu 2024 di Aula Arya Dharma, Kota Palangka Raya, Kamis (27/7/2023). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah(Kalteng) menyiapkan pengamanan untuk menyukseskan jalannya Pemilihan Umum 2024, yang dikemas dalam Gelar Operasi (GO) Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) yang dilaksanakan di Palangka Raya juga dihadiri para Kapolres jajaran Polda setempat.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto di Palangka Raya, Kamis, saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu mengucapkan terima kasih kepada para personel atas kinerja yang baik selama ini, sehingga pelaksanaan Harkamtibmas, operasi terpusat, kewilayahan maupun kontingensi dapat berjalan dengan baik dan berjalan lancar.

"Secara keseluruhan, kegiatan yang kami laksanakan selama periode April sampai Juli 2023 ini, berjalan dengan terpadu dan bersinergi. Sehingga membuahkan hasil yang positif bagi situasi kamtibmas di Kalteng," katanya.

Jenderal berpangkat bintang dua tersebut juga menjelaskan bahwa kegiatan GO ini merupakan wadah untuk penyampaian hasil kinerja, sekaligus untuk menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan kinerja satuan kerja dan satuan wilayah di bidang operasional.

"Semoga melalui kegiatan ini, aspek operasional kamtibmas kedepannya dapat terus ditingkatkan dan dioptimalkan guna mewujudkan Polri yang Presisi," katanya.

Baca juga: Kejari Palangka Raya musnahkan barang bukti Januari-Juni 2023

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji membeberkan terkait perbandingan jumlah tindak pidana (JTP) dengan jumlah penyelesaian tindak pidana (JPTP) pada triwulan II di Polda Kalteng dan Polres jajaran berjumlah 822 kasus JTP dan JPTP sebesar 459 kasus.

Sedangkan untuk bidang lalu lintas, jumlah laka lantas mengalami kenaikan mencapai 38 kasus. Dari 258 kasus laka lantas di Triwulan I 2023 menjadi 296 kasus pada Triwulan II ini.

"Jadi untuk keseluruhan jumlah perkembangan kamtibmas ini, menjadi tantangan Polri khususnya jajaran Polda Kalteng untuk melakukan terobosan guna menekan terjadinya kriminalitas dan laka lantas yang terjadi," beber Kabid Humas.

Di sisi lain, Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menambahkan, dalam kegiatan Gelar Operasional tersebut, Kapolda juga turut mengingatkan terkait agenda ke depan yang perlu dipersiapkan.

Adapun agenda tersebut terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kesiapan menghadapi Pemilu 2024.

"Saat ini, Polda Kalteng sudah menyiapkan langkah-langkah khusus untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif. Mulai dari pengamanan maupun prediksi gangguan ancaman sedini mungkin," demikian Erlan Munaji.

Baca juga: Polresta Palangka Raya sediakan layanan besuk tahanan secara daring

Baca juga: Kejari kejar Saleh DPO bandar sabu di Palangka Raya

Baca juga: Palangka Raya beranjak mengejar ketertinggalan di Porprov Kalteng