Palangka Raya geser Kotim puncaki klasemen sementara Porprov XII Kalteng

id Palangka Raya geser Kotim puncaki klasemen sementara Porprov XII Kalteng, kalteng, sampit, kotim, kotawaringin timur, bupati kotim, Halikinnor, porpro

Palangka Raya geser Kotim puncaki klasemen sementara Porprov XII Kalteng

Bupati Halikinnor turut menyaksikan pertandingan futsal tim Kotawaringin Timur melawan Seruyan yang dimenangkan tim futsal Kotim dengan skor 16-0, Sabtu (29/7/2023) malam. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kontingen Kota Palangka Raya kini menggeser kontingen tuan rumah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan memuncaki klasemen sementara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit. 

"Persaingan makin ketat. Semua harus tetap semangat karena pertandingan masih berlangsung sehingga setiap kontingen masih berpeluang meraih medali," kata Ketua Panitia Besar Porprov XII Kalimantan Tengah yang juga Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Sabtu malam. 

Palangka Raya selaku juara bertahan, menunjukkan kekuatan kontingen mereka dengan menduduki puncak klasemen. Posisi Kotawaringin Timur yang semula berada di puncak, kini tergeser ke peringkat kedua, disusul Katingan, Kotawaringin Barat dan Barito Utara di posisi berikutnya. 

Berdasarkan daftar perolehan medali sementara pada Sabtu pukul 23.00 WIB, Palangka Raya naik ke posisi puncak setelah unggul satu medali emas dibanding kontingen tuan rumah kabupaten Kotawaringin Timur. 

Kontingen Palangka Raya meraih 85 medali terdiri 36 emas, 24 perak dan 25 perunggu. Urutan kedua diduduki Kotawaringin Timur dengan meraih 117 medali terdiri 35 emas, 33 perak dan 49 perunggu.

Urutan tiga diduduki Katingan yang mengantongi 32 medali terdiri 17 emas, 5 perak dan 10 perunggu. Urutan 4 diduduki Kotawaringin Barat yang memperoleh 35 medali terdiri 14 emas, 8 perak dan 13 perunggu.

Baca juga: Kotim dominasi perolehan medali balap motor Porprov Kalteng

Urutan lima diduduki Barito Utara yang memperoleh 34 medali terdiri 9 emas, 15 perak dan 10 perunggu. Disusul Lamandau di posisi 6 yang meraih 28 medali terdiri 7 emas, 7 perak dan 14 perunggu.

Peringkat tujuh diduduki Pulang Pisau yang meraih 43 medali terdiri 6 emas, 16 perak dan 21 perunggu. Disusul Sukamara di posisi 8 dengan mengantongi 23 medali terdiri 4 emas, 7 perak dan 12 perunggu. 

Peringkat 9 diduduki Gunung Mas yang meraih 11 medali terdiri 4 emas, 4 perak dan 3 perunggu. Posisi 10 diduduki Seruyan yang meraih 8 medali terdiri 3 emas, 1 perak dan 4 perunggu.

Urutan 11 diduduki Murung Raya yang meraih 7 medali terdiri 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Disusul Kapuas di urutan 12 dengan meraih 23 medali terdiri 1 emas, 10 perak dan 12 perunggu.

Peringkat 13 diduduki Barito Timur yang meraih 9 medali terdiri 1 emas, 4 perak dan 4 perunggu. Kabupaten Barito Selatan kini harus puas menjadi juru kunci atau urutan 14 karena hanya mengoleksi sembilan medali yang terdiri dari 2 perak dan 7 perunggu. 

Perubahan peringkat masih mungkin terjadi khususnya di posisi lima besar karena saat ini masih ada beberapa cabang olahraga yang belum selesai dipertandingkan, sehingga masing-masing kontingen masih berpeluang menambah pundi-pundi medali emas mereka yang juga dapat mempengaruhi perubahan peringkat klasemen.

Baca juga: Gubernur Kalteng berharap Porprov hasilkan atlet lokal terbaik

Baca juga: Gubernur tegaskan atlet PON harus berasal dari Kalteng

Baca juga: Palangka Raya mampu samai perolehan medali emas Kotim