Pemprov Kalteng bagikan 45 ribu bendera bangkitkan semangat nasionalisme

id Pemprov kalteng, gerakan membagikan bendera merah putih, sekda kalteng, nuryakin, bendera merah putih, semangat nasional

Pemprov Kalteng bagikan 45 ribu bendera bangkitkan semangat nasionalisme

Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin (tengah) bersama lainnya membagikan bendera merah putih kepada masyarakat di Palangka Raya, Minggu, (30/7/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin mengharapkan pembagian sebanyak 45 ribu bendera merah putih kepada masyarakat menjadi pemicu untuk membangkitkan semangat nasionalisme.

"Bendera merah putih simbol nasionalisme yang akarnya persatuan dan kesatuan bangsa," katanya di sela kegiatan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih di Palangka Raya, Minggu.

Untuk itu, tambah Nuryakin, pembagian bendera yang dilaksanakan hari ini agar benar-benar terdistribusi dengan baik kepada masyarakat di Kalimantan Tengah dan dikibarkan serentak sejak 1 sampai 31 Agustus 2023.

"Sebanyak 45 ribu bendera merah putih yang dibagikan tersebut menyimbolkan 1945," terang Nuryakin.

Baca juga: Berhasil kendalikan inflasi, Pemprov Kalteng terima Insentif Fiskal

Dia menjelaskan bendera merah putih akan dipasang di seluruh instansi pemerintah, swasta, kantor partai politik, sekolah, tempat umum, rumah, dan tempat strategis lainnya.

Gerakan pembagian bendera merah putih pada 2023 ini merupakan gerakan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pembagian bendera merah putih ini juga mengingatkan kepada warga bahwa Indonesia ini berdiri dengan perjuangan merah putih," ucapnya.

Nuryakin menjabarkan pembagian bendera merah putih ini mengingatkan kepada semua pihak tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia pun mengingatkan sebagai putra-putri bangsa yang lahir dan hidup di Indonesia, dengan jiwa nasionalisme terpanggil untuk mengibarkan bendera merah putih pada momen peringatan Hari Kemerdekaan pada Agustus, sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah Katma F. Dirun menambahkan gerakan pembagian bendera merah putih ini bertujuan membumikan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap bendera merah putih, serta menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat.

Baca juga: Pemprov Kalteng bersama GKE deklarasikan Gereja Ramah Anak

Baca juga: Gubernur tegaskan atlet PON harus berasal dari Kalteng

Baca juga: Wujudkan tata pemerintahan yang baik, Pemprov Kalteng tingkatkan kearsipan