Bupati Kotim optimistis kinerja ekonomi 2024 lebih baik

id Bupati Kotim optimistis kinerja ekonomi 2024 lebih baik, kalteng, Sampit, kotim, halikinnor, bupati kotim

Bupati Kotim optimistis kinerja ekonomi 2024 lebih baik

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor optimistis kinerja ekonomi daerah ini pada 2024 nanti menjadi lebih baik seiring semakin pulihnya kegiatan ekonomi masyarakat. 

"Alhamdulillah saat ini pandemi sudah berakhir sehingga kegiatan ekonomi masyarakat mulai membaik. Kami optimistis kondisi kita akan semakin membaik," kata Halikinnor di Sampit, Senin. 

Sebagai gambaran, Halikinnor memaparkan capaian kinerja ekonomi Kotawaringin Timur selama dua tahun terakhir dari tahun 2021-2022 atau selama kepemimpinannya. 

Laju pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatkan yang cukup signifikan yaitu sebesar 2,10 persen pada tahun 2021 naik menjadi 7,76 persen pada tahun 2022.

Tingkat inflasi mengalami kenaikan yaitu sebesar 4,62 persen pada tahun 2021 dan 5,99 persen pada tahun 2022. Pemerintah daerah telah berupaya secara maksimal untuk menurunkan dan menstabilkan tingkat inflasi. 

Salah satu aksi intervensi yaitu dengan mengadakan pasar murah di beberapa tempat. Upaya ini semua diharapkan dapat menurunkan atau menstabilkan tingkat inflasi di Kotawaringin Timur.  

Baca juga: Kotim kembali rebut puncak klasemen sementara Porprov XII Kalteng

Pendapatan perkapita atas dasar harga berlaku mengalami peningkatan dari Rp68,65 juta pada 2021 menjadi Rp76,73 juta pada 2022. Angka kemiskinan cenderung masih ada peningkatan dari 5,91 persen pada 2021 menjadi 5,95 persen pada 2022.

Meski begitu, tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan dari 5,15 persen pada 2021 menjadi 5,00 persen pada 2022.

Sementara itu indeks pembangunan manusia (IPM) cenderung lebih baik yaitu 71,38 pada 2021 menjadi 71,67 pada 2022. 

Jika melihat kinerja ekonomi daerah tersebut, kata dia, memang ada beberapa indikator ekonomi yang mengalami penurunan, namun ada juga beberapa indikator ekonomi yang masih bisa bertahan bahkan meningkat. 

Halikinnor berharap kondisi ini dapat menjadi awal pertumbuhan perekonomian Kotawaringin Timur setelah melalui proses pemulihan perekonomian pasca pandemi COVID-19 ini.

"Kita tidak boleh berkecil hati dan harus tetap optimis, meskipun masih ada kendala-kendala yang harus kita hadapi. Saya yakin dengan kita terus berikhtiar disertai tidak henti-hentinya berdoa memohon pertolongan Allah subhanahu wata’ala maka insyaallah Tuhan Yang Maha Kuasa akan membuka jalan untuk kita bisa bangkit kembali," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Bupati Kotim perintahkan jajarannya pastikan warga gratis berobat

Baca juga: Pemkab Kotim sebar puluhan ribu bendera semarakkan HUT RI

Baca juga: Festival Bubur Asyura dikemas jadi suguhan pariwisata