195 PNS di Kapuas dapat penghargaan dari Presiden

id Ratusan PNS di Kapuas dapat penghargaan dari Presiden, kalteng, kapuas, hut ri

195 PNS di Kapuas dapat penghargaan dari Presiden

Pelaksana Tugas Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, menyerahkan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada PNS di Pemkab Kapuas, Kamis (17/8/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 195 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mendapatkan penghargaan Satyalencana Karya Satya dari Presiden.

"Penghargaan ini merupakan wujud perhatian pemerintah atas pengabdian, kejujuran, kedisiplinan kepada negara. Semoga terus meningkatkan prestasi," kata Pelaksana Tugas Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Kamis.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini, usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di lapangan Stadion Olahraga Panunjung Tarung jalan Maluku Kuala Kapuas.

Nafiah berkesempatan memasangkan tanda penghargaan itu kepada sejumlah perwakilan PNS yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan ini berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2022 tentang penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya.

Penghargaan diberikan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian.

Baca juga: Pengusaha di Kapuas diminta daftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas, Komari menjelaskan jumlah PNS yang mendapatkan penghargaan Satyalencana Karya Satya sebanyak 195 orang.

Dengan rincianya, Satyalencana Karya Satya 10 tahun sebanyak 98 orang, 20 tahun 62 orang dan 30 tahun 35 orang.

Sedangkan jumlah PNS yang mendapatkan kenaikan pangkat sebanyak 279 orang dengan rincian golongan IV/c ke atas 7 orang, golongan IV/a dan IV/ b 78 orang.

"Kemudian golongan III/d ke bawah sebanyak 194 orang. Itu untuk pangkat periode Oktober," demikian Komari.

Sementara upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang berlangsung pada pukul 07.00 WIB pagi itu dipimpin langsung oleh Plt Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, diikuti peserta upacara, baik dari TNI-Polri, Satpol PP dan Damkar Kapuas, Dinas Perhubungan, organisasi dan instansi terkait lainnya. Sedangkan upacara penurunan bendera Merah Putih berlangsung pada pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Eks Bupati Kapuas beserta istri didakwa terima gratifikasi

Baca juga: Legislator dukung semarak pemasangan bendera upaya gelorakan nasionalisme

Baca juga: Paskibraka Kapuas diharapkan sukses jalankan tugas