Kabut asap tipis mulai menyelimuti Kota Palangka Raya

id Beta Syailendra, DPRD Kota Palangka Raya

Kabut asap tipis mulai menyelimuti Kota Palangka Raya

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Beta Syailendra. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kabut asap tipis hingga sedang mulai menyelimuti sejumlah titik di Kota Palangka Raya. Kabut asap itu muncul dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Kondisi ini pernapasan menjadi tidak enak. Terkait itu, Anggota komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra meminta agar Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya segera mengantisipasi dan mengambil langkah supaya masyarakat tidak terpapar Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA).

"Saya berharap, ada upaya dan langkah cepat dari Pemko Palangka Raya untuk mencegah masyarakat terkena ISPA,” ujarnya, Senin. 

Dia juga mengingatkan, kabut asap sangat menggantu kesehatan terutama pada saluran pernafasan. Oleh sebab itu, perlu langkah cepat menangani masalah tersebut. 

Setidaknya, dengan gencar mengedukasi bahayanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan meningkatkan upaya pencegahannya. 

Sebab, lanjut dia, masalah ISPA tidak bisa dianggap enteng karena berkaitan dengan pernapasan. Jika-pun ada yang terpapar, harus segera ditangani. 

Namun demikian, ia berharap itu tidak terjadi. Munculnya kabut asap juga diharapkan tidak berkepanjangan. Tentunya ini juga sejalan dengan suksesnya upaya pencegahan maupun pengendalian Karhutla.