Aplikasi Mobile JKN permudah urusan peserta BPJS Kesehatan

id Aplikasi Mobile JKN,Aplikasi Mobile JKN permudah urusan peserta BPJS Kesehatan,BPJS Kesehatan

Aplikasi Mobile JKN permudah urusan peserta BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan mengaku nyaman menggunakan Aplikasi Mobile JKN dalam kepengurusan di Kota Muara Teweh, Selasa (19/9/2023). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Berbagai kemudahan layanan yang dihadirkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dirasakan oleh Ari Akbar (27), salah satu peserta JKN berasal dari Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

"Menurut saya, kemudahan tersebut terasa berkesan karena bisa diakses cukup melalui telepon genggam yang saya punya, juga banyak fitur yang bermanfaat dan  mempermudah saya mengakses administrasi layanan JKN," kata Ari Akbar di Muara Teweh, Selasa.

Dia menuturkan, dengan adanya layanan tersebut dirinya juga merasa terbantu karena keaktifan kepesertaannya dapat dilihat dari Aplikasi Mobile JKN, sehingga tidak ada kekhawatiran terkendala dalam mengakses pelayanan ke depan.

"Yang terpenting, dengan fitur yang ada di Aplikasi Mobile JKN, saya dapat dengan mudah melihat status keaktifan sehingga menjadi kepastian saya untuk dapat mengakses layanan JKN saat dibutuhkan dan tidak ada lagi keraguan saat berobat ke fasilitas kesehatan," ucapnya.

Ia menambahkan, kemudahan lainnya yang dapat dirasakan saat dirinya beberapa kali melakukan perubahan data melalui Aplikasi Mobile JKN.

Bahkan dirinya, juga telah beberapa kali melakukan perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang terdaftar dengan menggunakan fitur ubah data peserta yang tersedia di Aplikasi Mobile JKN.

"Bahkan prosesnya sangat cepat, kurang dari lima menit saya sudah bisa melakukan perubahan," katanya.

Ditambahkannya, saat mengakses layanan ke fasilitas kesehatan, dirinya juga mengapresiasi fitur antrean online dan cek ketersediaan kamar rawat inap yang tersedia di Aplikasi Mobile JKN.

Baca juga: BPJS Kesehatan temukan kenaikan kasus demensia dan alzheimer

"Kemudahan lainnya yang saya rasakan yaitu adanya fitur antrean online yang bisa digunakan untuk mengambil antrean dari rumah sebelum berobat ke fasilitas kesehatan, begitu juga ketersediaan jumlah kamar rawat inap di rumah sakit juga dapat dilihat dari Aplikasi Mobile JKN," beber Ari Akbar.

Dibalik kesibukannya sebagai karyawan pada salah satu Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di wilayah Muara Teweh, Ari Akbar mengajak kepada seluruh peserta JKN agar ikut mengunduh Aplikasi Mobile JKN.

"Dari banyaknya kemudahan yang  saya rasakan, memiliki Aplikasi Mobile JKN dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan layanan bagi peserta JKN di zaman serba digital sekarang, dengan mengunduh Aplikasi Mobile JKN secara gratis melalui playstore atau appstore kita bisa menikmati akses layanan JKN yang cepat dan praktis tanpa mengganggu rutinitas pekerjaan,” tutupnya.

Baca juga: BPJS Keliling berikan kemudahan akses layanan administrasi program JKN

Baca juga: Palangka Raya berhasil capai UHC program Jaminan Kesehatan Nasional

Baca juga: BPJS Kesehatan rekrut peserta JKN di desa melalui Program PESIAR