Liverpool ukir lima kemenangan beruntun setelah kalahkan West Ham

id Liverpool ,west ham

Liverpool ukir lima kemenangan beruntun setelah kalahkan West Ham

M Salah ketika mencetak gol ke gawang LASK semalam. (ANTARA/HO-liverpool.com)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool FC mengukir lima kemenangan beruntun di Liga Inggris 2023/2024 setelah mengalahkan West Ham United dengan skor 3-1 di Stadion Anfield, Minggu.

Sebelumnya, empat kemenangan Liverpool diraih ketika mengalahkan Bournemouth (3-1), Newcastle United (2-1), Aston Villa (3-0), dan Wolverhampton Wanderers (3-1).

Pada pertandingan itu, laga dikuasai sepenuhnya oleh anak-anak asuh Jurgen Klopp dan pada babak pertama West Ham cukup memberi perlawanan.

Tim tamu mengancam lebih dahulu ketika Tomas Soucek melalui sundulannya hampir menjebol gawang Liverpool. Beruntungnya, Alisson yang mengisi posisi penjaga gawang mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Liverpool cukup kesulitan mengeluarkan permainan terbaik pada 10 menit awal karena West Ham tampil cukup apik.

Petaka menemui The Hammers yang terlalu asik menyerang. Mereka dihukum penalti karena Nayef Aguerd melanggar Mohamed Salah di kotak larang. Salah yang maju sebagai algojo menunaikan tugasnya dengan baik untuk membawa Liverpool memimpin 1-0.

Gol tersebut sekaligus memperpanjang rekor Salah sebagai pemain yang selalu terlibat dalam proses gol (gol dan assist) Liverpool dalam 12 pertandingan terakhir di Liga Inggris.

Setelahnya, kedua tim bermain cukup imbang dan skor 1-0 hampir menutup laga paruh pertama. Namun, kali ini giliran tim tuan rumah yang dihukum karena melalui serangan balik cepat, West Ham mampu menyamakan kedudukan di lima menit akhir tepatnya menit ke-42 melalui sundulan Jarrod Bowen. Skor berubah menjadi 1-1.

Pada tambahan waktu, Liverpool menciptakan peluang terakhir melalui tendangan Darwin Nunez, tapi masih sanggup diamankan oleh Alphonse Areola. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Baca juga: Derbi London Utara pertama musim ini berkesudahan dengan skor 2-2

Memasuki babak kedua, Liverpool yang bermain di hadapan pendukung sendiri bermain lebih baik dan menyerang sejak awal. Alhasil, mereka mampu membuat gol yang dicetak oleh Nunez setelah pemain timnas Uruguay itu memanfaatkan umpan Alexis Mac Allister. Skor berubah menjadi 2-1.

Setelah kembali unggul, Liverpool bermain lebih lepas dan lebih rapi. Pada menit ke-84, Liverpool kemudian menambah keunggulan menjadi 3-1. Berawal dari skema tendangan pojok Andrew Robertson, pemain timnas Skotlandia itu mengirimkan bola yang berhasil ditanduk Virgil van Dijk.

Sundulan Van Dijk menemui Diogo Jota yang tinggal menyontek bola dan pemain yang baru masuk menggantikan Luis Diaz itu menyelesaikan peluang menjadi gol.

Tidak ada tambahan gol sampai peluit panjang berbunyi dan Liverpool kembali mengamankan tiga poin untuk kelima kalinya secara beruntun di Liga Inggris.

Kemenangan ini membuat Mohamed Salah dan kawan-kawan naik ke posisi kedua dengan 16 poin, terus menguntit Manchester City yang ada puncak klasemen sementara dengan 18 poin.

Sementara itu, kekalahan ini membuat West Ham turun satu tingkat ke posisi ketujuh dengan 10 poin, digeser oleh Aston Villa dengan koleksi 12 poin usai memetik kemenangan di kandang Chelsea.

The Reds akan melawan Leicester City di ajang Piala Liga 2023/2024 di Anfield, Kamis (28/9) pukul 01.45 WIB sebelum melakoni big match ketika bertandang ke markas Tottenham Hotspur, Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu (30/9) pukul 23.30 WIB.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Liverpool: Alisson, Joe Gmoez, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson, Dominik Szoboszlai, Alexis Max Allister (Wataru Endo 88'), Curtis Jones (Ryan Gravenberch 77'), Mohamed Salah, Darwin Nunez (Cody Gakpo 81'), Luis Diaz (Diogo Jota 81')
Pelatih: Jurgen Klopp

West Ham: Alphonse Areola, Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Nayef Aguerd, Emerson, Tomas Soucek (Pablo Fornals 74'), Edson Alvarez, Jarrod Bowen, James Wrad-Prowse, Lucas Paqueta (Danny Ings 87'), Michail Antonio (Mohammed Kudus 74')
Pelatih: David Moyes