BPJS Kesehatan Muara Teweh sosialisasi JKN kepada warga Tawan Jaya

id bpjs kesehatan muara teweh,sosialisasi,program jkn,desa tawan jaya,barito utara,kalteng

BPJS Kesehatan Muara Teweh sosialisasi JKN kepada warga Tawan Jaya

BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh sosialisasi Program JKN kepada warga di balai Desa Tawan Jaya, Jumat (6/10/2023).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh memberikan sosialisasi langsung kepada warga Desa Tawan Jaya terkait dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bertempat di balai Desa Tawan Jaya, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Jumat (6/10).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Achmad Zainuddin di Muara Teweh, kemarin, mengatakan hal tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman peserta JKN terkait dengan pentingnya jaminan kesehatan, alur pelayanan, manfaat dan berbagai kemudahan layanan dari Program JKN.

“Bagi warga desa yang telah terdaftar maka kita sampaikan ketentuan dan alur dalam pelayanan sehingga tidak ada kendala bagi mereka saat berobat termasuk bagi warga yang ingin mendaftar kita juga sampaikan cara dan persyaratan dalam pendaftarannya,” kata Achmad.

Ia menjelaskan, untuk kemudahan layanan dari Program JKN, warga dapat mengakses beberapa kanal seperti layanan lewat pesat singkat whatsaapp atau Pandawa ke nomor 08118165165, Care Center 165 atau Aplikasi Mobile JKN.

“Kanal layanan tersebut dapat diakses dengan mudah cukup melalui telepon genggam, sehingga tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama saat sosialisasi tersebut, pihak BPJS Kesehatan juga menghadirkan layanan BPJS Keliling yang menjadi kesempatan warga untuk dapat melakukan pendaftaran, perubahan data hingga pelayanan informasi dan pengaduan.

“Bersamaan dengan sosialisasi juga kita hadirkan layanan BPJS Keliling sebagai sarana untuk membantu warga Desa Tawan Jaya dalam memenuhi kebutuhan administrasi dan informasi secara cepat dan langsung,” tambahnya. 

Adanya sosialisasi tersebut disambut baik oleh Kepala Desa Tawan Jaya, Ester Suprihanti. 

“Atas nama Pemerintah Desa Tawan Jaya, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak BPJS Kesehatan karena telah berinisiatif datang ke Desa Tawan Jaya dan memberikan sosialisasi yang bermanfaat bagi warga sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka terkait Program JKN,” ungkapnya.

Ester menambahkan, karena berbagai kesibukan pekerjaan dan jarak yang jauh ke kota menjadi keterbatasan warga Desa Tawan Jaya dapat terjawab melalui kegiatan tersebut.

Ada hal-hal yang membuat warga untuk sulit datang langsung ke kantor BPJS kesehatan secara langsung dengan berbagai kondisi dan keadaan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Baca juga: Pemkab Barut siap berkolaborasi sosialisasikan produk halal bagi UKM

"Adanya sosialisasi ini sebagai jemput bola dari BPJS Kesehatan yang sangat membantu warga untuk lebih memahami hal terbaru dari BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi adanya Aplikasi Mobile JKN yang dapat memudahkan warga dalam mengakses layanan JKN.

“Dari kegiatan ini kita juga sangat dibantu untuk pengaplikasian Mobile JKN karena dengan keterbatasan warga dalam mengakses teknologi dapat diberikan pemahaman dan praktek langsung sehingga bermanfaat untuk lebih mudah mengakses layanan JKN melalui handphone mereka,” ujar Ester.

Baca juga: Pemkab Barut komitmen lanjutkan pembangunan Jembatan Lemo dan Sikan

Baca juga: Pj Bupati: Pemkab Barut siap bersinergi dengan TNI kawal Pemilu 2024

Baca juga: Hari pertama masuk kerja, Pj Bupati Barut rakor bersama OPD