Warga Desa Tawan Jaya ini rasakan kemudahan Aplikasi Mobile JKN

id bpjs kesehatan muara teweh,aplikasi jkn,program jkn,desa tawan jaya,petani sawit,barito utara,kalteng

Warga Desa Tawan Jaya ini rasakan kemudahan Aplikasi Mobile JKN

Warga Desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan Hasan peserta Program JKN.ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh.

Muara Teweh (ANTARA) - Seorang warga Desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Hasan (35) merasakan kemudahan mengakses layanan administrasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan dengan Aplikasi Mobile JKN.

"Kini saya mendapat kemudahan untuk mengakses layanan dengan Aplikasi Mobile JKN, berbagai layanan dapat diakses dengan cepat melalui genggaman," kata Hasan di Muara Teweh, Senin.

Hasan yang berprofesi sebagai petani sawit ini, mengharuskannya setiap hari untuk turun ke kebun sehingga adanya Aplikasi Mobile JKN diakuinya sangat membantu dalam mengakses kepesertaan JKN miliknya.

“Kalau ke kebun setiap hari harus turun, tidak ada liburnya, apalagi yang digarap bukan kebun milik sendiri jadi upahnya harian, Aplikasi Mobile JKN sudah saya coba untuk berbagai layanan dan sangat membantu untuk pekerjaan saya yang tidak bisa ditinggalkan,” ucap Hasan. 

Selain karena kesibukannya, dia juga menyebut jika jarak dari Desa Tawan Jaya ke kota Muara Teweh ditempuh dalam waktu satu sampai dua jam sehingga dengan Aplikasi Mobile JKN justru mempermudah dan mempercepat layanan tanpa harus datang ke kantor cabang.

Dia mengatakan, kalau ke kantornya bisa memakan waktu juga karena jarak dari desa ke kota lumayan jauh.

"Saya sudah coba perubahan data fasilitas kesehatan tingkat pertama justru cuma lima menit sudah selesai, sebelumnya terdaftar di puskesmas di wilayah Sampit, sekarang sudah dipindah ke puskesmas sini, Aplikasi Mobile JKN ini sudah efektif sekali untuk digunakan,” sebutnya.

Di samping menu perubahan data, berbagai menu seperti info peserta, antrean online, skrining riwayat kesehatan dan menu lainnya juga diakuinya dapat menjawab kebutuhan informasi dari peserta JKN.

“Yang penting bisa melihat statusnya kartunya aktif, kalau suatu saat mau digunakan tidak ada lagi kekhawatiran, tidak hanya saya sendiri tapi satu keluarga juga bisa dilihat dari sini,” tambahnya.

Baca juga: Penerbangan ke Muara Teweh kembali dibatalkan akibat kabut asap

Terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN, ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah telah memberikan jaminan kesehatan bagi keluarganya termasuk kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan kemudahan melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Rasanya jaminan kesehatan itu sangat penting karena berobat dengan biaya sendiri pasti tidak murah, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menjamin kesehatan saya sekeluarga dan masyarakat yang merasakan hal yang sama dengan saya, juga terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang turut membuat saya menjadi lebih mudah dalam mengakses layanan,” tutupnya.

Baca juga: Pemkab Barut bimtek implementasi pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko

Baca juga: Pj Bupati Barut: MTQ Korpri untuk tingkatkan pemahaman nilai Al Quran

Baca juga: Satpol PP Barut sosialisasi implementasi pemanfaatan SIM LINMAS