KPU Bartim terima 1.404 bilik suara untuk Pemilu 2024

id Ketua Komisi Pemilihan Umum Barito Timur, KPU Barito Timur, Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita, kalteng

KPU Bartim terima 1.404 bilik suara untuk Pemilu 2024

Ketua KPU Barito Timur Satya Hedipuspita. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita menyatakan bahwa pihaknya telah menerima logistik tahapan pertama yakni bilik suara, yang akan dipergunakan dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Kami menerima terima logistik tahap pertama berupa bilik suara sebanyak 1.404 buah itu kemarin," kata Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, bilik suara tersebut sudah disimpan di gudang KPU Barito Timur yang terletak di Jalan Fridolin Ukur di Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur dan dijaga ketat baik petugas khusus dari KPU Barito Timur sendiri serta dari kepolisian setempat.

Satya menjelaskan, bahan material logistik terbuat dari bahan anti keropos atau lapuk yang disebut duplex.  Bilik suara juga dipastikan aman dari gangguan tikus, rayap dan sejenisnya.

"Sebelumnya sudah dilakukan penyemprotan zat anti tikus, rayap dan sejenisnya. Kami juga telah menyortir semua bilik suara yang diterima, dan belum ada yang rusak ketika diterima," ucapnya.

Dirinya pun membenarkan bahwa dalam waktu tidak begitu lama, KPU Barito Timur akan kembali menerima logistik lainnya seperti surat suara. Untuk surat suara pemilihan anggota DPRD Barito Timur akan disiapkan setelah adanya penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

"Untuk tiap logistik yang kita terima tentu kita berkoordinasi dengan Polres Bartim. Ini untuk menjamin keamanan logistik dimaksud," Satya.

Baca juga: Pemkab Barito Timur siap sukseskan Pemilu 2024

Sementara itu, Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait yang berkaitan dengan Pemilu 2024, terutama KPU Barito Timur.

"Berkaitan logistik sudah diinformasikan KPU Barito Timur. Kita akan melakukan penjagaan dan patroli ke Gudang KPU Barito Timur secara intensif," kata Viddy.

Viddy pun menghimbau warga masyarakat untuk tidak golput, serta menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.

Baca juga: Pemilu 2024 semakin dekat, Pj Bupati ingatkan netralitas ke ASN di Bartim

Baca juga: Pj Bupati Bartim: Sarana dan prasarana pelayanan ASN ke masyarakat harus optimal

Baca juga: Penjabat bupati cek harga barang dan fasilitas di Pasar Beringin Ampah