Wagub Kalteng sebut literasi media tingkatkan pemahaman pemilih pemula

id pemprov kalteng, wagub kalteng, edy pratowo, literasi media, literasi politik, tahun politik, pemilu 2024, kalteng, kali

Wagub Kalteng sebut literasi media tingkatkan pemahaman pemilih pemula

Wagub Kalteng Edy Pratowo. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengatakan pelaksanaan literasi media membantu memberi pemahaman yang semakin baik kepada pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024.
 
“Pentingnya literasi politik dan media akan membentuk sikap politik yang cerdas maupun kritis, terutama bagi pemilih pemula dan muda yang akan menghadapi Pemilu 2024," katanya di Palangka Raya, Senin.

Disela Literasi Media 2023 bertema "Pemilih pemula dukung dan awasi siaran Pemilu 2024", ia menilai Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Tengah berperan penting dalam memberikan literasi dan pemahaman.
 
"Yakni pemahaman kepada pemilih pemula maupun pemilih muda tentang peranan, serta pengaruh media dalam konteks politik," tutur Edy.

Menghadapi tahun politik 2024, ia menyampaikan peranan radio dan televisi dinilai penting sebagai media katalisator pesan yang baik bagi dinamika pemilu.
 
"Media penyiaran menjadi garda terdepan untuk menangkal pemberitaan ataupun informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tegasnya.

Baca juga: Wagub Kalteng sebut Sumpah Pemuda bangkitkan semangat kolaborasi dalam pembangunan
 
Dia pun menjelaskan, kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin penting untuk berkembangnya literasi media, terutama mulai diterapkannya sistem penyiaran digital untuk menggantikan sistem penyiaran secara analog.
 
Dalam hal ini, mayoritas negara maju di dunia sudah mulai menyelenggarakan penyiaran secara digital dan meninggalkan penyiaran melalui sistem analog.
 
"Hasil dari literasi media ini hendaknya dapat dimaknai lebih mendalam sebagai tolak ukur implementasi di era digital, khususnya di Kalimantan Tengah," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan Gerakan Pangan Murah sambut Sumpah Pemuda

Baca juga: Wagub Kalteng: Kerja sama PBS-Koperasi di Seruyan diharap sebagai 'role model'

Baca juga: Wapres minta Kalteng gerakkan ekonomi baru usung "Kebaikan Syariah"