Waspadai aksi pencurian jelang Nataru

id Anggota DPRD Palangka Raya,Rusdiansyah ,Uwah ,Maling

Waspadai aksi pencurian jelang Nataru

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Rusdiansyah. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Rusdiansyah meminta kepada warga yang berada di daerah setempat untuk mewaspadai aksi pencurian rumah yang ditinggal pemiliknya jelang momentum perayaan Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) 2024.

"Tingkatkan kewaspadaan di setiap komplek perumahan agar menghindari terjadinya aksi pencurian rumah kosong yang ditinggal pemiliknya, biasanya marak terjadi jelang hari-hari keagamaan," kata Rusdiansyah di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut alangkah baiknya masyarakat kembali mengaktifkan kegiatan pos ronda atau jaga malam di pos penjagaan di perumahan.

Apabila hal tersebut sudah dilakukan, tentunya pelaku kejahatan atau orang yang bukan warga setempat tidak mudah masuk ke wilayah masyarakat yang sudah ada penjagaannya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya raih penghargaan optimasi kinerja TPS 3R

"Mari aktifkan kembali pos kamling untuk menjaga keamanan dan ketertiban di komplek masing-masing. Bahkan salah satunya juga untuk mempersempit pelaku kejahatan beraksi ," ucapnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga berharap kepolisian setempat juga gencar melakukan patroli ke sejumlah daerah-daerah yang dianggap rawan tindak kejahatan.

Dengan gencarnya patroli dan menambah jam patroli, tentunya pelaku kejahatan tidak bisa semena-mena melakukan aksinya.

"Saya harap masyarakat dan aparat kepolisian harus berkolaborasi dan saling mendukung menjaga keamanan dan ketertiban di daerah setempat, sehingga daerah kita aman dari yang namanya gangguan kamtibmas atau tindak kejahatan lainnya," demikian Rusdiansyah yang akrab disapa Uwah.

Baca juga: Legislator apresiasi toko ritel mulai terapkan tak sediakan kantong plastik saat belanja

Baca juga: Kalteng Putra berhasil curi poin satu di kandang Persipura Jayapura

Baca juga: Pemkot diminta gencarkan pengawasan stok bahan pokok jelang Nataru