Pemkot Palangka Raya raih penghargaan optimasi kinerja TPS 3R

id Pemkot Palangka Raya raih penghargaan optimasi kinerja TPS 3R, kalteng, Palangka raya, hera

Pemkot Palangka Raya raih penghargaan optimasi kinerja TPS 3R

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (dua kanan) menerima penghargaan optimasi kinerja TPS 3R di Jakarta beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Diskominfo Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Kota Palangka Raya meraih penghargaan bergengsi sebagai bukti keberhasilan dalam mengoptimalkan kinerja Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) tingkat kabupaten/kota se-Indonesia.

"Prestasi yang diraih oleh Kota Palangka Raya ini merupakan hasil dari komitmen dan usaha bersama pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak terkait. TPS 3R merupakan inisiatif penting dalam mengelola sampah secara berkelanjutan dengan prinsip 3R, yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan Kembali), dan Recycle (Mendaur Ulang)," kata Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia pada acara puncak “Habitat Dunia: Resilient Urban Economies – Cities as Drivers of Growth and Recovery” di gedung auditorium Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (30/10/2023) lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono kepada Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu yang hadir pada kegiatan tersebut.

Hera mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, Kota Palangka Raya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

Baca juga: Legislator apresiasi toko ritel mulai terapkan tak sediakan kantong plastik saat belanja

"Program-program edukasi dan kampanye lingkungan sukses digelar, menciptakan kesadaran akan pentingnya pemilahan sampah dan penggunaan kembali barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan,” ucap Hera.

Selain itu kata Hera, pemerintah daerah telah bekerja keras untuk membangun infrastruktur yang mendukung TPS 3R, seperti fasilitas pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Hal ini menciptakan landasan yang kuat untuk kesuksesan program TPS 3R di Kota Palangka Raya.

Dia menegaskan, penghargaan ini bukan hanya prestasi semata, tetapi juga menjadi inspirasi bagi kota-kota dan kabupaten lain di seluruh Indonesia untuk mengembangkan praktik terbaik dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

"Kota Palangka Raya menjadi teladan dalam mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan yang tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi, tetapi juga lingkungan, serta kesejahteraan masyarakat,” lanjut Hera.

Penghargaan ini lanjutnya, merupakan tonggak bersejarah dalam perjalanan kota ini menuju permukiman yang berkelanjutan, di mana semua warganya dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik.

“Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa upaya bersama dapat menciptakan perubahan positif yang signifikan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Hera.

Baca juga: Kalteng Putra berhasil curi poin satu di kandang Persipura Jayapura

Baca juga: Kabut asap tipis, Ketua DPRD Palangka Raya minta warga tetap waspadai karhutla

Baca juga: Pemkot diminta gencarkan pengawasan stok bahan pokok jelang Nataru