DPRD Palangka Raya jaga kebersihan dan fungsi drainase

id Nenie Adriati Lambung ,DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya jaga kebersihan dan fungsi drainase

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie Adriati Lambung. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka (ANTARA) - Dalam beberapa hari ini, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, karena saat ini telah memasuki musim penghujan.

Menyikapi kondisi ini, Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung di Palangka Raya, Senin, meminta kepada masyarakat Kota Palangka Raya agar rajin melakukan gotong-royong atau kerja bakti membersihkan saluran pembuangan drainase.

Saat memasuki musim penghujan yang Perlu diperhatikan adalah drainase yang kerap tersumbat. Ini bukan hanya menjadi perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, namun juga dituntut kepedulian dari masyarakat,  ucap Nenie.

Menurutnya, pada saat hujan dengan intensitas yang cukup tinggi maka ada sejumlah jalan tergenang air, terlebih karena dipicu mampetnya saluran drainase akibat sampah atau juga karena pendangkalan pada saluran tersebut.

Karena itu, sambung Neni, genangan air di sejumlah jalan tersebut harus diatasi. Jangan sampai hal tersebut berlarut-larut, sebab akan semakin parah. Terlebih apabila curah hujan dengan intensitas yang tinggi.

Selain instansi terkait harus maksimal mengembalikan fungsi drainase, disatu sisi masyarakat perlu aktif melakukan kerja bakti membersihkan drainase dari sampah dilingkungan masing-masing, tambahnya

Pentingnya masyarakat bekerja bakti atau bergotong royong, dapat membawa manfaat banyak bagi masyarakat di berbagai sisi, selain drainase bersih dari sampah juga menghindari nyamuk berkembang biak.