Wabup minta masyarakat Gunung Mas tidak sia-siakan pengorbanan pahlawan

id Wabup minta masyarakat Gunung Mas jangan sia-siakan pengorbanan pahlawan, kalteng, gumas, Gunung mas, wabup gumas

Wabup minta masyarakat Gunung Mas tidak sia-siakan pengorbanan pahlawan

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing memberi keterangan kepada awak media, usai memimpin upacara Hari Pahlawan di Kuala Kurun, Jumat (10/11/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing meminta masyarakat untuk tidak menyia-nyiakan pengorbanan para pahlawan yang gugur demi merebut serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menghormati para pahlawan adalah dengan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan,” ucapnya usai upacara Hari Pahlawan di Kuala Kurun, Jumat.

Dia menyebut bahwa pembangunan yang dimaksud bukan hanya pembangunan fisik seperti jalan, jembatan, gedung, dan sebagainya, namun juga pembangunan sumber daya manusia (SDM).

SDM yang berkualitas, tutur dia, merupakan kunci utama untuk melawan kebodohan dan kemiskinan. Tanpa SDM yang mumpuni seseorang akan susah terlepas dari kebodohan dan kemiskinan.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menaruh perhatian serius terhadap pengembangan SDM, bahkan menjadi salah satu program unggulan dari Bupati Jaya S Monong dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing.

Berbagai program telah dan akan dijalankan supaya masyarakat, khususnya generasi muda Gunung Mas, bisa menjadi generasi muda yang maju, berkualitas, dan tidak kalah dengan generasi muda dari daerah lainnya.

Baca juga: DPRD Gumas berharap nilai kepahlawanan ditanamkan sejak dini

Misalnya saja dengan mendukung berbagai kegiatan lomba, yang diharap bisa menjadi wadah untuk menampung dan menyalurkan bakat generasi muda Gunung Mas, baik di bidang seni maupun olahraga.

Ada juga program pelatihan matematika dengan metode gampang, asyik dan menyenangkan (gasing), yang diharap dapat mengubah paradigma terhadap matematika, yang bagi sebagian peserta didik menjadi mata pelajaran yang susah dan menakutkan, serta berbagai program lainnya.

“Dengan SDM yang berkualitas, kita bisa melawan kebodohan. Kalau kita tidak bodoh, kemiskinan pasti bisa segera kita atasi,” kata perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini.

Lebih lanjut, dia juga berharap masyarakat khususnya generasi muda di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, dapat meneladani semangat para pahlawan dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan.

“Kita harus lebih semangat dan lebih giat lagi. Jangan kendor, perangi kebodohan, kemiskinan, dan penyakit masyarakat, supaya negara kita lebih maju lagi,” demikian Efrensia.

Baca juga: Pemkab Gumas siap berbagi 'resep' mendapat penetapan hutan adat

Baca juga: Legislator Gunung Mas harapkan Manuhing jadi sentra peternakan kambing

Baca juga: Gelorakan semangat olahraga, PT SLK selenggarakan PLTU Kalteng-1 Volley Tournament