Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba diikuti pembalap dari 22 negara

id danau toba,indonesia,kejuaraan dunia jetski

Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba diikuti  pembalap dari 22 negara

Aquabike Jetski World Championship Danau Toba (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba pada 22-26 November diikuti 118 pembalap dari 22 negara.


"Dari 118 pembalap tersebut, 10 di antaranya merupakan pembalap Indonesia. Lomba akan terbagi dalam dua kategori yakni endurance dan circuit," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono saat Media Gathering Aquabike Jetski World Championship 2023 melalui zoom, Senin.

"Ini adalah momen yang sangat bersejarah karena ini adalah pertama kali Indonesia menggelar kejuaraan berkelas dunia ini dan kejuaraan ini juga digelar di empat kabupaten di kawasan Danau Toba," katanya.

Aquabike Jetski World Championship akan menjadi acara olahraga air internasional kedua yang diselenggarakan di Danau Toba pada tahun 2023. Pada 24-26 Februari, InJourney telah menghadirkan olahraga air kelas dunia yakni F1Powerboat atau Balap Perahu Motor Formula 1 (F1H2O).

Penyelenggaraan dua acara olahraga air berkelas dunia tersebut diharapkan bisa membawa citra Danau Toba di mata dunia sebagai salah satu destinasi pariwisata olahraga air bertaraf internasional.

Dengan menghadirkan Aquabike Jetski World Championship, InJourney berharap Danau Toba bisa menjadi water sport tourism andalan Indonesia. InJourney akan terus menghadirkan berbagai kegiatan spesial di Danau Toba sehingga angka kunjungan pariwisata di kawasan tersebut bisa terus meningkat.

Sementara Menparekraf Sandiaga uno dalam kesempatan yang sama menyampaikan Aquabike Jetski World Championship yang akan dilaksanakan di empat daerah di kawasan Danau Toba dinilai akan berdampak pada peningkatan pariwisata Danau Toba di mata dunia internasional.

"Kami optimistis kejuaraan internasional itu mampu mendatangkan banyak wisatawan dan membangkitkan UMKM lokal sehingga pada akhirnya mampu semakin menggerakkan roda perekonomian," katanya.