Disdik Palangka Raya dukung Kurikulum Merdeka melalui BOP PAUD

id Disdik Palangka Raya,Palangka Raya,Jayani, BOP PAUD

Disdik Palangka Raya dukung Kurikulum Merdeka melalui BOP PAUD

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendukung Kurikulum Merdeka dengan melalui Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani di Palangka Raya, Rabu, mengatakan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) adalah dana alokasi khusus non fisik untuk operasional non perasionalia, untuk mendukung biaya satuan pendidikan.

"Dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (BOP PAUD) adalah operasional untuk dana BOSP satuan pendidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD. Sedangkan untuk BOP reguler adalah dana BOP PAUD yang digunakan untuk membiayai kegiatan operasional rutin satuan pendidikan dalam menyelenggarakan akan layanan PAUD," kata Jayani.

Dia menuturkan, BOP PAUD kinerja adalah dana PAUD yang digunakan untuk meningkatkan pendidikan mutu pendidikan, satuan PAUD yang  dinilai menyelenggarakan bekerja baik dalam kegiatan pembelajaran.

Kemudian itu hal tersebut juga dapat meringankan beban masyarakat, dalam membiayai sekolah anaknya di PAUD, apabila di tengah situasi akibat dampak pandemi COVID-19 banyak masyarakat kesulitan ekonomi.

"Bantuan BOP PAUD ini sanggat membantu di satuan PAUD, untuk anak didik yang berjumlah 4.667 siswa di lembaga satuan PAUD yang menerima BOP dapat mengelola dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sesuai aturan serta petunjuk teknis yang ditetapkan termasuk memperhatikan pelaporan administrasi harus jelas dan tertib," katanya. 

Jayani mengungkapkan, dengan langkah tersebut diharapkan dapat memberikan nilai positif bagi dunia pendidikan khususnya di Kota Palangka Raya, sekligus sinergi dengan visi dan misi wali kota setempat. 

Kemudian juga menjadi upaya pemerintah kota (pemkot) setempat melalui Dinas Pendidikan Kota, untuk terus komitmen meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana maupun prasarana terkait pendidikan terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan baik.

"Tentunya hal itu sangat sinergi dengan Pemkot Palangka Raya terus mendukung program pemerintah pusat, terlebih dalam dunia pendidikan," katanya

Ia menambahkan, dukungan itu merupakan sinergi secara nyata dalam perwujudan implementasi kemajuan Kota Palangka Raya melalui Smart Environment (Lingkungan Cerdas) dan masyarakat Smart Society (Masyarakat Cerdas). Selain itu juga mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui Smart Economy (Ekonomi Cerdas).

"Pada intinya wali kota berkomitmen dalam dunia pendidikan. Untuk sosialisasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan BOP PAUD 2023, juga sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan," demikian Jayani.