Pemkab Sukamara-Muhammadiyah jajaki kerja sama pengembangan pendidikan

id Pemkab Sukamara-Muhammadiyah jajaki kerja sama pengembangan pendidikan, kalteng, sukamara, pendidikan, kaspinor

Pemkab Sukamara-Muhammadiyah jajaki kerja sama pengembangan pendidikan

Penjabat Bupati Sukamara, Kaspinor, saat menyambut kehadiran Ketua Pimpinan Muhamadiyah Kalteng dan Rektor UMPR beserta rombongan di rumah jabatan Bupati Sukamara dalam rangka silaturahim, Selasa (14/11/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kaspinor mengatakan, kunjungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) ke Sukamara dalam rangka menjajaki kerja sama pengembangan dunia pendidikan dan kesehatan di wilayah setempat.

“Hal ini tentunya merupakan kebutuhan-kebutuhan dasar bagi masyarakat. Tentunya, dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi wilayah kita khususnya,” ucapnya di Sukamara, Selasa.

Menurutnya, penanganan kesehatan tentunya juga sangat baik bagi anak-anak dalam menangani kasus stunting di wilayah ini. Kemudian, dengan adanya pendekatan-pendekatan pendidikan, kerja sama di bidang kesehatan ini nantinya akan jauh memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

“Semoga ini dapat langsung memberikan solusi, terutama bagi anak-anak kita yang mungkin hendak melanjutkan ke perguruan tinggi dan termasuk juga yang berkenaan dengan penanganan-penangan stunting,” harapnya.

Kaspinor menerangkan, meskipun telah dilakukan pembahasan secara garis besarnya, namun tetap akan dilanjutkan dengan kerja sama-kerja sama antara Muhammadiyah dan pemerintah daerah.

“Saya harapkan kepada pengurus Muhammadiyah di wilayah ini juga lebih proaktif dalam menindak lanjuti apa yang telah disampaikan oleh pengurus Muhammadiyah wilayah Kalteng dan perguruan UMPR ini,” harapnya.

Ia menjelaskan, hal tersebut akan sangat membantu dan memberikan manfaat besar bagi anak-anak dan masyarakat di Kabupaten Sukamara secara umum.

Baca juga: Generasi muda di Sukamara diminta miliki semangat juang

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah Prof. Dr. Ahmad Syari menyampaikan, Muhammadiyah bergerak di bidang pendidikan, kesehatan dan dakwah. Oleh karena itu pihaknya ingin terus meningkatkan peran tersebut di tengah masyarakat.

“Jadi, kami lakukan silaturahmi ini dalam rangka menyampaikan terkait dengan apa yang bisa kami lakukan untuk masyarakat Sukamara, baik dari segi pendidikan dan kesehatan. Tentunya, semua memerlukan dukungan penuh juga dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Rektor UMPR Muhamad Yusuf menambahkan, hal penting yang dilakukan dalam kunjungan sekaligus silaturahmi tersebut yakni bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dalam hal pendidikan tinggi di wilayah Sukamara nantinya.

“Karena hanya dengan pendidikan referensi masyarakat bisa lebih setara. Maka kesetaraan itu akan menjadikan produktifitas hubungan antara pemerintah dengan masyarakat akan menjadi efektif,” ungkapnya.

Ia menerangkan, UMPR akan terus melakukan hal tersebut hingga sampai ke masyarakat tingkat yang paling jauh, khususnya daerah pedalaman atau terpencil. Masyarakat juga harus bisa mengakses pendidikan tinggi.

“Kita harapkan dengan adanya kerjasama dengan pemerintah daerah kedepannya dapat menjadi arah kebijakan yang sangat baik kedepannya. Kemudian, dukungan dari pemerintah juga sangat memadai untuk hal tersebut,” demikian Yusuf.

Baca juga: Pemkab Sukamara sukseskan transformasi sistem kesehatan

Baca juga: Pembangunan kantor Pengadilan Agama Sukamara diharap memberi semangat baru

Baca juga: Pj Bupati Sukamara: Santri berperan menjaga keutuhan dan moral bangsa