Marquez maksimalkan sesi latihan di Qatar

id Marc Marquez ,repsol honda,motogp,qatar,sirkuit lusail

Marquez maksimalkan sesi latihan di Qatar

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memacu kecepatan pada sesi latihan bebas 1 MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (13/10/2023). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Spt)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengatakan dirinya akan memaksimalkan waktu pada sesi latihan bebas, Jumat (17/11) demi melewati tantangan-tantangan yang menantinya di MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, akhir pekan ini.

“Dengan permukaan (lintasan) baru, beberapa hal pasti bisa berubah sehingga kita harus menghabiskan hari Jumat untuk memahami bagaimana hal ini telah mengubah situasi. Kami akan melihat apa yang mungkin terjadi,” kata Marquez dikutip dari keterangan resmi HRC, Rabu.

Renovasi sirkuit yang intensif membuat GP Qatar dipindahkan ke dua putaran terakhir MotoGP musim ini, setelah sebelumnya selalu menjadi salah satu balapan pembuka musim.

Sirkuit sepanjang 5,38 kilometer ini telah menjadi balapan ikonis karena digelar pada malam hari sejak 2008. Keunikan tersebut Marquez nilai menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pembalap, termasuk dirinya.
 

Marquez sendiri pernah memenangkan MotoGP Qatar pada tahun 2014. Selain kemenangan tersebut, ia telah meraih empat podium di sirkuit yang terletak di pinggiran Doha tersebut.

Juara dunia delapan kali itu pun tak menampik bahwa strategi yang tepat menjadi sorotan utama untuk menaklukkan sirkuit tersebut sekali lagi. Ia mengatakan, dirinya siap untuk mengambil risiko jika memang hal tersebut diperlukan untuk merebut kemenangan atau podium.

“Qatar merupakan balapan kedua terakhir tahun ini tapi fokus kami masih sama, kami terus bekerja maksimal hingga akhir,” kata Marquez.

“Secara historis Qatar merupakan trek yang sulit bagi kami dengan tata letak dan berbagai hal lainnya. Jadi saya pikir sekali lagi ini akan menjadi akhir pekan yang lebih sulit,” ujarnya menambahkan.
 

Di sisi lain, rekan satu timnya yakni Joan Mir mengatakan ia siap untuk lebih fokus dan menyelesaikan balapan tanpa kecelakaan atau terjatuh.

Mir sendiri telah empat kali finis sepuluh besar di kelas utama di Sirkuit Internasional Lusail dari empat penampilan sebelumnya.

“Bagi saya pribadi, saya pernah meraih hasil bagus di Qatar di masa lalu dan ada permukaan baru (lintasan) dengan semua perubahannya sehingga akan menarik untuk mengendarai Honda di sana. Ini adalah akhir pekan yang lain untuk belajar sebanyak yang kami bisa,” kata Mir.