Bupati Kotim optimis raih juara umum Peda-KTNA Kalteng 2023

id Bupati Kotim,Halikinnor , PEDA-KTNA Kalteng 2023,Kotim,Sampit,PEDA-KTNA Kalteng 2023,Kalteng

Bupati Kotim optimis raih juara umum Peda-KTNA Kalteng 2023

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor ketika menyampaikan sambutan pada acara pelepasan Kontingen PEDA KTNA ke-XIII Kalteng dihadiri Wakil Bupati Kotim Irawati, Sekretaris Daerah Kotim Fajrurrahman, Asisten I Setda Kotim Rihel, dan lain-lain, Jumat (17/11/2023). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor optimistis meraih juara umum pada ajang Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Sukamara.

"Pada KTNA tingkat Nasional kemarin, Kontingen Kalteng berhasil juara umum, di mana sebagian besar anggotanya berasal dari Kotawaringin Timur (Kotim). Kalau melihat data itu, harusnya Kontingen Kotim bisa menjadi juara umum di daerah,” kata  Halikinnor di Sampit, Jumat.

Sikap optimistis Halikinnor tersebut bukan tanpa alasan, sebab pada Pekan Nasional KTNA Juli 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat lalu, Kontingen Kalteng berhasil meraih juara umum, di mana 80 persen anggota Kontingen tersebut dari Kabupaten Kotim.

Dengan demikian, petani-petani andalan Kalteng banyak berasal dari Kotim. Sehingga potensi Kotim meraih juara umum di tingkat daerah cukup tinggi. 

Kendati, ia berpesan kepada Kontingen Kotim untuk betul-betul mempersiapkan diri dan tidak terlena dengan kemenangan yang sebelumnya diraih agar bisa tampil maksimal.
 Bupati Kotim Halikinnor (tengah) bersama forkopimda berfoto bersama Kontingen Kotim yang akan mengikuti PEDA KTNA ke-XIII Kalteng tahun 2023, Jumat (17/11/2023). ANTARA/Devita Maulina.

“Saya juga mengajak masyarakat Kotim, mari kita doakan kontingen kita agar mereka bisa tampil maksimal, sehingga harapan menjadi juara umum bisa betul-betul tercapai,” kata mantan Sekda Kabupaten Kotim periode 2018–2020 itu.

Orang nomor satu di Kotim ini mengatakan, PEDA KTNA merupakan forum pertemuan para Kontak Tani Nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi, dan informasi Kontak Tani dengan Pemerintah Daerah dan seluruh stake holder.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain, sebagai sarana transfer informasi, teknologi, fasilitas kemitraan, dan jejaring agribisnis para Kontak Tani. 

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya berpesan kepada Kontingen Kotim agar serius mengikuti seluruh rangkaian, agar semua yang diperoleh dari kegiatan ini dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian di Kotim,” katanya.

Selanjutnya, jajaran Pemkab Kotim dan stake holder terkait melepas Kontingen Kotim yang akan mengikuti PEDA KTNA ke-XIII Kalteng di Desa Natai Sedawak, Kabupaten Sukamara, pada tanggal 19 hingga 24 November 2023.