Disdik Kota Palangka Raya minta pelajar tingkatkan kreatifitas untuk cegah kenakalan remaja

id Disdik Palangka Raya,Kenakalan Remaja ,Palangka Raya,Kalteng

Disdik Kota Palangka Raya minta pelajar  tingkatkan kreatifitas untuk cegah kenakalan remaja

Peserta didik di Sekolah SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan di luar sekolah  pada jam istirahat, beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengatakan dengan adanya kreatifitas para pelajar di sekolah tentunya dapat mencegah kenakalan remaja. 

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Senin, membenarkan terkait hal tersebut karena dengan memiliki kreatifitas perbuatan mereka tidak melenceng tentunya kenakalan remaja tidak akan terjadi. 

"Kalau kreatifitas mereka di sekolah dan di rumah melaksanakan hal yang positif, tentunya kenakalan remaja yang sama-sama kita khawatirkan tersebut tidak akan menimpa peserta didik kita," kata Vico. 

Dia menuturkan, saat ini banyak remaja di daerah setempat yang terbawa arus kenakalan remaja. Sebab, kenakalan remaja ini bisa menular akibat lingkungan sehingga anak yang semula tidak bisa melakukan hal negatif, malah terpengaruh untuk melakukan hal tersebut. 

Disdik juga terus berupaya menekan kenakalan remaja baik itu perundungan, penyalahgunaan narkoba hingga hal-hal negatif balapan liar di jalan raya terus dipantau oleh pihak sekolah. 

"Setiap sekolah memiliki tanggungjawab terkait hal tersebut apabila berada di lingkungan sekolah, namun kalau berada di lingkungan rumahnya masing-masing para orang tua harus lebih aktif memantau mereka dalam bergaul," ungkapnya. 

Salah satu, tambahnya, adanya full day school atau siswa menghabiskan waktu lebih lama di sekolah tentunya juga untuk mengantisipasi kenakalan remaja. 

Maka dari itu lebih baik pelajar banyak kegiatan di sekolah, sehingga mereka pergerakannya, kegiatan dan perilaku juga dipantau oleh pihak sekolah. 

"Setidaknya banyak kegiatan di sekolah yang diikuti mereka, malah mencegah mereka berbuat nakal dan lain sebagainya dan ilmu yang mereka dapatkan terus bertambah seiring waktu lama di sekolah," demikian Sekretaris Disdik Palangka Raya.