Polda Kalteng siap amankan Pemilu 2024

id Polda Kalteng,Kapolda Kalteng Ierjen Pol Djoko Poerwanto,Pemilu 2024

Polda Kalteng siap amankan Pemilu 2024

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto memberikan sambutan pada kegiatan FGD terkait Pemilu 2024 di Palangka Raya, Kamis (23/11/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalteng siap mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) di provinsi setempat yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto di Palangka Raya, Kamis, mengatakan pada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) untuk memantapkan pengamanan pemilu mendatang.

"Bahwa tema kegiatan tersebut adalah penyamaan persepsi terkait mekanisme pelaksanaan kampanye di Pemilu 2024 dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman, damai dan kondusif di wilayah Kalteng," kata Djoko Poerwanto di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, pihaknya sangat berharap kepada seluruh peserta pemilu di Kalteng agar menjunjung prinsip jujur, terbuka dan dialogis yang seharusnya dilakukan dengan integritas yang tinggi sehingga dapat memberikan informasi yang akurat dan transparan serta membuka ruang dialog maupun diskusi antara peserta dan pemilih.

Selanjutnya, Kapolda Kalteng juga mengajak partisipasi aktif seluruh stakeholder beserta segenap elemen masyarakat untuk menghindari dampak negatif dari pemilu.

"Kepada pemerintah dan institusi terkait juga harus memberikan edukasi politik yang berkualitas kepada masyarakat serta perlu adanya penegakan hukum yang tegas untuk mengatasi tindakan politik yang tidak fair," tambahnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji berharap  melalui FGD ini dapat membangun sinergitas berupa wadah komunikasi antar elemen masyarakat untuk memperoleh kesepahaman tentang aturan, mekanisme dan menumbuhkan kesadaran berdemokrasi.

"Saya mengajak kepada seluruh lapisan dan elemen masyarakat serta instansi terkait untuk bersama sama mensukseskan Pemilu 2024 dan menjaga keamanan dengan menjunjung tinggi falsafah Huma Betang," demikian Erlan Munaji.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut juga diisi dengan kegiatan pembacaan dan penandatangan pakta integritas  oleh partai politik dan caleg di Kalteng.