Indonesia sedang membuat kapal perang jenis fregat sendiri, kata Prabowo

id Prabowo,Menhan,Kalteng,Bandung,Indonesia sedang membuat kapal perang jenis fregat sendiri

Indonesia sedang membuat kapal perang jenis fregat sendiri, kata Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan keterangan dalam Rakerda APDESI Jabar di Bandung, Kamis (23/11/2023). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Bandung (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia sedang mengembangkan dan membuat kapal perang jenis fregat sendiri.

Kapal perang tersebut, kata Prabowo, dibangun di Surabaya, Jawa Timur, dan akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2024.

"Saudara wajib mengetahui apa yang dilakukan oleh industri pertahanan, kita sekarang sudah akan membuat kapal perang buatan Indonesia sendiri dibangun di Surabaya, fregat namanya. Ini sudah mulai dibangun," kata Prabowo dalam acara Rakerda APDESI Jawa Barat, di Bandung, Kamis.

Fregat yang pertama dibangun di Indonesia tersebut, kata Prabowo, bernama Fregat Merah Putih dan akan diluncurkan pada tahun 2024.

Namun demikian, dia tidak menjelaskan secara rinci kapal perang jenis fregat tersebut serta anggaran yang digunakan untuk membangun kapal.

Selain membangun kepal perang jenis fregat, kata Prabowo, pihaknya sedang membangun kapal rumah sakit berukuran besar.

Bahkan, ucap Prabowo, sejumlah kapal yang dibangun itu sudah dibeli oleh berbagai negara.

"Kapal itu sudah dibeli negara lain, Filipina sudah beli, Uni Emirat Arab sudah beli, jadi ini dalam rangka kita membangun pertahanan Indonesia," ucap dia.