Pj Bupati Barito Utara saksikan Ketinting Race Murung Raya 2023

id pj bupati barut,ketinting murung raya,jembatan merdeka,puruk cahu,barut,barito utara,kalteng

Pj Bupati Barito Utara saksikan Ketinting Race Murung Raya 2023

Pj Bupati Barito Utara Muhlis didampingi Pj Sekda Jufriansyah dan Pembina Ketinting Kalteng Nadalsyah menyaksikan lomba Ketinting Race Murung Raya 2023 di Puruk Cahu, Sabtu (25/11/2023).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis bersama Pj Sekda Jufriansyah dan beberapa kepala perangkat daerah  menyaksikan lomba Ketinting Race Murung Raya 2023 di Puruk Cahu  Kabupaten Murung Raya, Sabtu.

Lomba Ketinting Race Murung Raya 2023 ini diselenggarakan oleh Panitia Ketinting bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Murung Raya yang diinisiasi oleh Pembina Ketinting Kalteng Nadalsyah.

Selain rombongan pejabat dari Pemkab Barito Utara, Wakil Ketua II DPRD  Kalteng Jimmy Carter, Ketua DPRD Mery Rukaini dan anggota DPRD Barito Utara juga ikut menyaksikan gelaran lomba tersebut.

Pj Bupati Barito Utara Muhlis menyampaikan bahwa Pemkab Barito Utara akan melanjutkan apa yang sudah dimulai oleh Bapak Nadalsyah, dengan meneruskan event ketinting pada setiap tahunnya di Barito Utara. 

Selain untuk menjaga tradisi para pendahulu, Pj Bupati juga berharap event Ketinting ini bisa menarik wisatawan domestik untuk berkunjung ke Barito Utara. 

"Semoga daerah Barito Utara bisa lebih dikenal di kancah nasional dengan salahsatunya melalui event Ketinting Race," harap Muhlis.

Lomba Ketinting Race dibuka oleh Pj Bupati Murung Raya Hermon pada Jumat (24/11) diikuti sekitar 100 peserta dari Kalimantan Selata, Kalimantan Timur dan Kalteng digelar di Sungai Barito, tepatnya di bawah Jembatan Merdeka Murung Raya.

Pembina Ketinting Kalteng Nadalsyah hadir langsung untuk memantau jalannya perlombaan. Nadalsyah yang menjabat Bupati Barito Utara periode 2013-2023 mengharapkan seluruh masyarakat Kalteng kembali menggemari warisan budaya dari para pendahulu khususnya ketinting.

"Bulan Oktober kemarin kita telah sukses menggelar ketinting race di Kota Palangka Raya," kata Nadalsyah. 

Semasa menjabat sebagai Bupati Barito Utara,  Nadalsyah telah menggelar Lomba Ketinting Batara Cup 2023 pada tanggal 10 September 2023.