Pembangunan empat unit sekolah baru di Palangka Raya diharapkan tingkatkan kualitas pendidikan

id Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu

Pembangunan empat unit sekolah baru di Palangka Raya diharapkan tingkatkan kualitas pendidikan

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/YU/aa.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya berharap dengan dibangunnya empat unit sekolah baru, diharapkan mampu meningkatkan kualitas hingga pemerataan pendidikan di daerah setempat.

"Yang dibangun yakni satu unit sekolah jenjang PAUD, dua sekolah jenjang SD dan satu sekolah jenjang SMP," kata Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Senin.

Adapun lokasi pembangunan empat sekolah baru itu berada di daerah yang padat penduduk dan belum ada fasilitas pendidikan, yakni di kawasan perumahan Jalan Kecipir Palangka Raya yang menjadi tempat hunian ribuan warga di "Kota Cantik".

"Pembangunan sekolah-sekolah ini tentunya juga sejalan dengan cita-cita kita semua untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini yaitu mewujudkan masyarakat cerdas (Smart Society)," kata Hera.

Hera mengatakan bahwa dana untuk pembangunan sekolah-sekolah tersebut murni dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palangka Raya.

Pembangunan sekolah-sekolah tersebut merupakan proyek strategis daerah, mengingat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Palangka Raya yang saat ini menjadi tertinggi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Hal ini perlu kita pertahankan yang salah satu upayanya yaitu dengan pemerataan pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan yang fisiknya dengan membangun sarana sekolah-sekolah tersebut," katanya.

Lebih lanjut, Hera menyebutkan bahwa kedepannya Pemerintah Kota Palangka Raya akan terus berkomitmen dalam melengkapi sarana prasarana penunjang pendidikan lainnya untuk kemajuan pendidikan di kota setempat.

Oleh sebab itu, ia meminta kerja sama semua pihak agar apa yang telah dibangun oleh pihak Pemko tersebut dapat dijaga serta dipelihara dengan baik.

"Pesan saya jika nanti gedung bangunan sekolah ini telah siap dan dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar, kiranya masyarakat dapat ikut andil bersama-sama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan sekolah," demikian Hera Nugrahayu.