Gubernur Kalteng bantu nelayan Barsel 13 unit perahu mesin

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, dislutkan kalteng, bantuan perikanan kalteng, darliansjah, bantuan p

Gubernur Kalteng bantu nelayan Barsel 13 unit perahu mesin

Pemberian bantuan 13 unit perahu bermesin kepada nelayan di Kelurahan Pendang, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan, (29/11/2023). (ANTARA/HO-Dislutkan Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran membantu para nelayan di Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan dengan memberikan sebanyak 13 unit perahu bermesin.
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng Darliansjah di Palangka Raya, Kamis, mengatakan, bantuan yang diberikan ini merupakan implementasi dari komitmen gubernur dalam membantu para nelayan dalam meningkatkan produksi perikanan tangkap.
 
"Bantuan perahu bermesin sebanyak 13 unit ini tepatnya diserahkan kepada masyarakat nelayan di Kelurahan Pendang, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan," jelasnya.
 
Berbagai upaya dan dukungan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kalimantan Tengah terus dilakukan, salah satunya dengan menyediakan sarana usaha perikanan tangkap.
 
Darliansjah menyampaikan, pemberian bantuan ini sesuai arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, yakni pemberian bantuan perahu bermesin yang diperuntukkan bagi kelompok nelayan di wilayah perairan umum daratan.

Baca juga: Kalteng wujudkan SPBE terintegrasi Satu Data
 
"Kami berharap bantuan perahu bermesin ini dapat digunakan dengan baik sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan nelayan, serta meningkatkan pendapatan nelayan," harapnya.
 
Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dislutkan Kalteng, Arief Rakhman, berharap pemerintah kabupaten setempat dapat bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap nelayan di wilayah kerjanya serta mendukung aktivitas nelayan Kelurahan Pendang.
 
"Khususnya kepada penerima bantuan, sehingga bantuan yang diberikan dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk peningkatan produksi penangkapan ikan," ucapnya.
 
Adapun bantuan perahu bermesin sebanyak 13 unit tersebut telah diserahkan kepada Ketua Koperasi Produsen Usaha Perikanan Usaha Bersama Haris di Kelurahan Pendang.
 
Diketahui berbagai bantuan dan dukungan selama ini telah diberikan pemerintah provinsi kepada para nelayan dan pelaku usaha perikanan lainnya di berbagai daerah di Kalteng.
 
Di antara bantuan yang juga telah diberikan adalah sebanyak 13 unit mesin penggerak perahu untuk kelompok nelayan di Desa Sebangau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, hingga melindungi 21.562 orang pelaku usaha perikanan Kalteng dengan Kartu Asuransi Pelaku Usaha Perikanan (Kusuka) BERKAH, serta berbagai bantuan lainnya.

Baca juga: Kalteng fokus bangun SDM dengan optimalkan sektor pendidikan

Baca juga: Dishanpang Kalteng terima Pahari Award 2023 dari BI

Baca juga: Tiga program pemerintah berdampak positif jaga stabilitas harga beras di Kalteng