Kobar raih penghargaan Pahari Award dari Bank Indonesia

id Kobar raih penghargaan dari Bank Indonesia. Kabupaten Kotawaringin Barat, kobar, Kalimantan Tengah, kalteng, kotawaringin barat

Kobar raih penghargaan Pahari Award dari Bank Indonesia

Pj Bupati Kobar Budi Santosa saat menerima secara langsung penghargaan dari Bank Indonesia di Kota Palangkaraya, Rabu (29/11/2023) ANTARA/HO-Pemkab Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, dianggap berhasil membuat ekosistem elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD), sehingga meraih penghargaan Pahari Award dari Bank Indonesia.

Penghargaan tersebut di terima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa di gedung Bank Indonesia Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan didampingi oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kobar Nur Syah Ikhsan, Rabu malam.

"Penghargaan yang di raih ini karena pemkab Kobar dinilai berhasil membuat ekosistem elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD)," kata Nur Syah Ikhsan saat dihubungi, Kamis.

Ikhsan mengatakan, salah satu yang menjadi indikator diraihnya penghargaan tersebut yaitu di sektor pendapatan daerah, Kobar telah membuat sistem digital dalam tata kelola pelayanan pajak daerah, kemudahan pembayaran pajak melalui perluasan kanal pembayaran.

"Di mana wajib pajak bisa membayar non tunai secara online pada bank daerah, maupun bank mitra kita, juga pada sektor belanja Pemda kobar juga telah menerapkan transaksi secara elektronifikasi," ucapnya.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Kobar telah memenuhi syarat yang sudah di tetapkan oleh Bank Indonesia. Sehingga berhak mendapatkan penghargaan Pahari Award.

"Kobar juga sebagai kabupaten dengan kemajuan digitalisasi ekonomi daerah terbaik se-Kalimantan Tengah," ungkapnya.

Baca juga: Luncurkan koleksi buku baru, Dispursip Kobar diminta terus penuhi kebutuhan pembaca

Ikhsan menambahkan, dirinya berharap dengan diraihnya penghargaan tersebut, dapat menjadikan motivasi dan memacu dalam inovasi khusus membuat sistem tata kelola yang lebih baik lagi.

"Implementasi program ETPD berharap pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah menjadi lebih efisien, transparan, serta akuntabel, dan pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ucapnya.

Tidak lupa juga, ucapan terimakasih pihaknya kepada Pj Bupati Kobar yang selalu memberikan support serta dukungan kebijakan, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Plh Sekda ajak masyarakat jadikan Kobar sebagai pusat unggulan pertanian

Baca juga: Pj Bupati: Juara Umum MTQH Kalteng jadi motivasi Kobar tingkatkan keimanan

Baca juga: Kotawaringin Barat sukses selenggarakan MTQH tingkat provinsi