Luncurkan koleksi buku baru, Dispursip Kobar diminta terus penuhi kebutuhan pembaca

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kotawaringin Barat, Kalteng, Kalimantan Tengah, Budi Santosa

Luncurkan koleksi buku baru, Dispursip Kobar diminta terus penuhi kebutuhan pembaca

Pj Bupati Kobar saat resmikan Peluncuran Buku Baru Dispursip ditandai dengan pemotongan pita, Selasa (28/11/2023). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Budi Santosa memimpin langsung peluncuran koleksi buku baru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten setempat untuk tahun anggaran 2023.

"Saya harap Dispursip dapat selalu berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dengan peluncuran koleksi buku baru ini," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Selasa.

Menurut dirinya, perpustakaan merupakan pusat kegiatan membaca, tempat tersedianya pelayanan dan manajemen informasi. Perpustakaan memiliki peran penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan.

Meski begitu, dia mengakui bahwa untuk mendapatkan informasi bisa di dapat di mana saja dan kapan saja. Hanya, sifatnya sementara dan berbeda jika berkunjung ke perpustakaan karena bermacam-macam informasi tentang ilmu pengetahuan bisa di dapatkan.

"Apalagi Dispursip Kotawaringin Barat sudah memiliki koleksi buku sebanyak 12.524 judul. Dan itu akan terus ditambah, agar memenuhi kebutuhan pembaca," kata Budi Santosa.

Pj Bupati Kobar itu pun menyebut, keberhasilan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, harus didukung oleh tingkat literasi masyarakat, yang merupakan tugas pokok dan fungsi Dispursip Kabupaten Kobar. Untuk itu, sangat di sayangkan apabila tidak memanfaatkan fasilitas yang telah di sediakan di perpustakaan daerah.

Baca juga: Plh Sekda ajak masyarakat jadikan Kobar sebagai pusat unggulan pertanian

"Melalui membaca kita tidak hanya tahu tentang informasi di lingkungan sendiri, tentunya juga dapat mengetahui informasi yang ada di luar apalagi dengan berkembang arus globalisasi saat ini," jelasnya.

Budi menambahkan, dirinya berharap untuk berkewajiban membina perpustakaan yang ada di wilayah Kotawaringin barat, baik itu tingkat desa, sekolah, maupun taman membaca masyarakat.

"Apalagi saat ini pemerintah mewajibkan satu desa satu perpustakaan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca serta literasi masyarakat," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Pj Bupati: Juara Umum MTQH Kalteng jadi motivasi Kobar tingkatkan keimanan

Baca juga: Kotawaringin Barat sukses selenggarakan MTQH tingkat provinsi

Baca juga: Penjabat Bupati sebut pelaksanaan MTQH XXXI berlangsung sukses dan semarak