Pemkot Palangka Raya salurkan 700 paket sembako murah

id Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kalteng, DPKUKMP, Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya salurkan 700 paket sembako murah

Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP)menyalurkan 700 paket sembako murah untuk masyarakat di Kelurahan Tangkiling dan Kelurahan Sei Gohong, belum lama ini. ANTARA/HO-Disperindag Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) menyalurkan 700 paket sembako murah untuk masyarakat di Kelurahan Tangkiling dan Kelurahan Sei Gohong.

"Penyaluran ini kami lakukan melalui program operasi pasar sebagai salah satu upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru)," kata Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) Pengawas Perdagangan DPKUKMP Palangka Raya, Nina Kristina, kemarin.

Dia menerangkan, kegiatan operasi pasar ini bertujuan membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan murah dan terjangkau serta menjaga kestabilan harga untuk menjaga laju inflasi.

“Dalam opsar kali ini kami menyediakan 700 paket sembako murah terdiri dari beras premium 5 kg, gula pasir 2 kg dan minyak goreng kemasan refill 2 liter yang dapat dibeli warga dengan harga Rp100 ribu per paket,” kata Nina.

Adapun untuk mendapatkan paket sembako murah tersebut, warga diminta membawa fotokopi KTP dan mengisi logbook pembelian paket sembako murah.

Ditambahkan Nina, program opsar ini merupakan bentuk kepedulian Pemko Palangka Raya terhadap masyarakat dalam memperoleh bahan pokok dengan mudah dan harga murah.

"DPKUKMP Kota Palangka Raya akan terus menjaga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat serta berupaya terus menekan laju inflasi terutama menjelang hari besar keagamaan," pungkasnya.

Di sisi lain, Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kota Palangka Raya, juga telah meluncurkan gerai bahan pokok guna mengendalikan inflasi di daerah setempat.

Baca juga: Cek dan perkuat pengawasan izin tempat hiburan malam di Palangka Raya

"Gerai TPID Eka Pandohop ini sebagai upaya pengendalian inflasi dan untuk menstabilkan harga bahan komoditas di Kota Palangka Raya," kata Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

Gerai TPID Eka Pandohop ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat mulai dari beras, minyak goreng, gula, tepung, mie instan serta berbagai kebutuhan rumah tangga lain.

Keberadaan gerai yang berpusat di Pasar Kahayan Jalan Tjilik Riwut kilometer 1,5 Kota Palangka Raya ini sebagian bahan pangan kebutuhan pokok disiapkan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Harga semua produk yang dijual mengacu pada harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Artinya, gerai ini juga sebagai salah satu layanan pemerintah terhadap masyarakat.

Baca juga: Pemkot berikan hadiah laptop ke sejumlah koperasi di Palangka Raya

Baca juga: BNF gelar Festival Anak Sebangau untuk tingkatkan kepedulian lingkungan

Baca juga: Bea Cukai Palangka Raya musnahkan ribuan batang rokok dan ratusan miras ilegal