BPBD Palangka Raya terus gencarkan normalisasi drainase cegah banjir perkotaan

id BPBD Palangka Rayaterus gencarkan normalisasi drainase cegah banjir perkotaan, kalteng, Palangka raya, banjir

BPBD Palangka Raya terus gencarkan normalisasi drainase cegah banjir perkotaan

Tim Satgas normalisasi drainase yang tersumbat cegah banjir di Palangka Raya. ANTARA/HO-BPBD Kota Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus menggencarkan normalisasi drainase sebagai upaya pencegahan banjir di wilayah perkotaan.

"Lebih dari 20 titik lokasi di Palangka Raya yang sudah di normalisasi drainasenya dan ada beberapa titik yang memerlukan kolaborasi dengan Dinas PUPR Kota Palangka Raya," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Berlianto di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan drainase pada permukiman padat penduduk.

Diantaranya seperti normalisasi drainase yang baru laksanakan tim BPBD Kota Palangka Raya di kawasan di Jalan Banda. Kemudian untuk drainase lain yang lebih besar, seperti di Jalan Lawu, pembersihan memerlukan alat berat.

"Ini karena untuk membuka drainase yang tertutup. Semua titik drainase yang perlu penanganan akan segera diselesaikan oleh Tim Satgas,” ucap Berlianto.

Kegiatan ini lanjut Berlianto, akan terus dilakukan hingga akhir tahun menyasar beberapa titik rawan terjadinya genangan air atau banjir sebagaimana arahan dari Penjabat Wali Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pernik Natal semakin marak dijual di Palangka Raya

Tim juga melakukan penebangan beberapa pohon rawan tumbang untuk mengantisipasi bahaya yang ditimbulkan saat angin kencang dan hujan lebat.

“Tim akan terus siaga hingga akhir tahun ini. Apalagi menurut BMKG di minggu keempat Desember intensitas hujan diprediksi sangat tinggi,” sambungnya.

Berlianto berharap masyarakat dapat ikut terlibat membantu dengan cara tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan drainase tersumbat dan berpotensi menimbulkan Banjir.

Untuk itu Berlianto juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga fungsi drainase ini, agar aliran air tetap lancar dan mengurangi risiko banjir.

“Kolaborasi antara tim Satgas dan masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi potensi bencana banjir. Mari bersama-sama ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman,” kata Berlianto.

Baca juga: Polda Kalteng ajak masyarakat jaga kamtibmas jelang Pemilu 2024

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta guru pinggiran tetap waspada saat bertugas

Baca juga: Penjabat Wali Kota: Optimalkan DIPA-TKD untuk percepat pembangunan