Pemkot Palangka Raya perluas jangkauan MPP di kelurahan pinggiran

id Pemkot Palangka Raya perluas jangkauan MPP di kelurahan pinggiran, kalteng, Palangka raya, perizinan, hera

Pemkot Palangka Raya perluas jangkauan MPP di kelurahan pinggiran

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (dua kiri) saat peninjauan ke lokasi yang disiapkan sebagai pusat MPP Mini di Kelurahan Pager, belum lama ini. ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) memperluas jangkauan Mal Pelayanan Publik (MPP) di daerah atau kelurahan pinggiran sebagai bentuk pemerataan layanan terhadap masyarakat.

"Perluasan jangkauan ini dilakukan dengan membangun MPP Mini yang berpusat di Kelurahan Pager, Kecamatan Rakumpit. Program ini sudah masuk tahap perencanaan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Dia menambahkan bahwa pihaknya bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat juga telah melakukan peninjauan ke lokasi yang disiapkan sebagai pusat MPP Mini tersebut.

"Pembangunan MPP Mini tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Kelurahan Pager dalam mendapatkan layanan publik. Sehingga waktu tempuh dan biaya untuk mendapatkan berbagai layanan dari pemerintah akan terpangkas," katanya.

Dia menerangkan, akses dari Kelurahan Pager menuju pusat Kota Palangka Raya cukup jauh jaraknya, sehingga untuk mendapatkan pelayanan publik seperti Administrasi Kependudukan, pajak dan sebagainya cukup menyulitkan warga setempat.

Baca juga: BPBD Palangka Raya terus gencarkan normalisasi drainase cegah banjir perkotaan

“Jadi dengan adanya MPP Mini ini nantinya masyarakat tidak perlu lagi harus ke pusat kota karena beberapa layanan publik yang dibutuhkan nantinya akan tersedia di sini,” kata Hera.

Selanjutnya, Hera menyebutkan bahwa pembangunan MPP Mini rencananya juga akan dibangun di beberapa kelurahan terpencil yang jauh jangkauannya dari pusat kota.

“Rencananya pembangunan MPP ini tidak hanya di kelurahan Pager saja, tapi di beberapa kelurahan yang jangkauannya jauh dari pusat kota juga akan kita bangun, karena saya ingin layanan publik ini merata demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” kata Hera.

Disampaikan Hera juga jika dalam pembangunan MPP ini akan melibatkan beberapa instansi terkait seperti Diskominfo, DPMPTSP, Bapeddalitbang, dan juga Inspektorat.

Baca juga: Pernik Natal semakin marak dijual di Palangka Raya

Baca juga: Polda Kalteng ajak masyarakat jaga kamtibmas jelang Pemilu 2024

Baca juga: Dinkes Palangka Raya ajak masyarakat cegah penyebaran HIV-AIDS