Inspektorat Kabupaten Kobar ajak generasi muda perangi korupsi

id Inspektorat Kotawaringin Barat , Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, kalteng

Inspektorat Kabupaten Kobar ajak generasi muda perangi korupsi

Kepala Inspektorat Kabupaten Kobar Isno Pandowo saat menyerahkan Piala penghargaan kepada juara lomba, Jumat (8/12/2023). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, melaksanakan kegiatan Road To Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023, dengan tema 'Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju', sebagai upaya mengajak generasi muda di wilayah setempat memerangi korupsi.

"Hari antikorupsi yang diperingati setiap tanggal 9 Desember ini merupakan bentuk komitmen dunia dalam melawan korupsi," kata Kepala Inspektorat Kabupaten Kobar Isno Pandowo di Pangkalan Bun, Jumat.

Isno mengatakan, dengan ditetapkannya hari antikorupsi sedunia tersebut ditegaskan bahwa korupsi adalah musuh bersama bangsa di dunia. Di mana dalam rangka menyambut Hari Antikorupsi Sedunia pihaknya juga melaksanakan berbagai acara dan perlombaan.

"Dengan diadakan perlombaan dalam menyambut Hakordia sebagai satu perwujudan peran kita sebagai perangkat daerah yang memiliki tugas fungsi dalam mencegah dan memberantas korupsi khususnya dalam strategi edukasi dan kampanye," jelasnya.

Adapun lomba lomba yang dilaksanakan pihaknya yaitu film pendek anti korupsi, lomba cerdas cermat tingkat pelajar dan instansi dan lomba pembuatan flyer.

"Tentunya, ini memiliki tujuan untuk memberikan semangat motivasi kepada masyarakat maupun pelajar agar kita sama sama memberantas korupsi," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar jadikan sektor pertanian menjadi prioritas dalam pembangunan

Lanjutnya, tidak hanya itu melalui perlombaan tersebut sebagai upaya pihaknya mengajarkan kepada generasi muda bahwa korupsi merupakan musuh bangsa.

"Harapannya melalui lomba lomba ini, apabila mereka sudah memasuki dunia kerja, dunia publik, mereka mengerti bahayanya pengaruh korupsi itu gimana kedepannya," demikian Isno Pandowo.

Baca juga: Distan Kobar tanam 8.300 batang bibit cabai di area sport center

Baca juga: Dinas PUPR Kobar gerak cepat tindak lanjut keluhan masyarakat

Baca juga: Kesbangpol Kobar gandeng BNN lakukan tes urine terhadap ASN