KPU Kalteng sosialisasikan pemilu pada komunitas-media massa

id KPU Kalteng sosialisasikan pemilu pada komunitas-media massa, kalteng, Palangka raya, pemilu

KPU Kalteng sosialisasikan pemilu pada komunitas-media massa

KPU Provinsi Kalteng menyosialisasikan pemilu serentak pada komunitas di Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah menyosialisasikan tahapan pemilihan umum (Pemilu) Serentak 2024 pada komunitas dan jurnalis dari sejumlah media massa yang ada di Kota Palangka Raya.

"Melalui sosialisasi ini kami ingin komunitas ini juga kembali menyampaikan tahapan pemilu dan juga hari pemungutan suara pada anggota dan masyarakat umum lainnya," kata Ketua KPU Provinsi Kalteng Sastriadi di Palangka Raya, Jumat.

Dia menambahkan, kegiatan yang digelar di halaman kantor KPU Kalteng yang dihadiri puluhan anggota komunitas dan juga jurnalis di Kota Palangka Raya itu juga sebagai bagian dalam meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk menyukseskan setiap tahapan pemilu.

"Namun, puncaknya adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara pada Rabu 14 Februari 2024," kata Sastriadi.

Pada kegiatan bertajuk "Coffee Senja" itu, dia mengatakan bahwa partisipasi masyarakat yang tinggi bukan hanya tugas penyelenggara semata, namun butuh kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pers dan komunitas masyarakat.

Partisipasi yang tinggi juga merupakan cerminan dari kesehatan demokrasi dan jaminan bahwa pemerintah yang terpilih benar-benar mewakili aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Enam Bunda Literasi dikukuhkan, diharap tingkatkan pembudayaan gemar membaca

"Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menyamakan persepsi sehingga pada pelaksanaannya kita harus bersinergi dan komitmen apa yang harus dilakukan, mensosialisasikan kepada masyarakat umum agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024,” katanya.

Sastriadi mengatakan, tahapan pemilu saat ini sudah memasuki penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), kampanye pertemuan terbatas, produksi logistik di tiap kabupaten/kota dan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dimulai pada 11 – 20 Desember 2023.

“Pembentukan KPPS akan dibuka 11 sampai 20 Desember 2023. Para Peserta sosialisasi yang ingin berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu dapat mendaftar sebagai KPPS dan menjadi mitra kami,” tambahnya.

Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Harmain juga menyampaikan hal serupa dalam kesempatan ini. Menurutnya, awak media dan komunitas harus ikut mensosialisasikan tentang kepemiluan dan tetap berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Mari kita bersama-sama menjaga proses pemilihan yang aman, transparan, dan jujur serta mendorong partisipasi yang lebih tinggi dari seluruh lapisan masyarakat. Hanya dengan demikian kita dapat memastikan bahwa suara rakyat benar-benar terwujud dalam hasil pemilu,” demikian Harmain.

Baca juga: Pemprov Kalteng berikan 13 perahu bermesin bantu nelayan Katingan

Baca juga: Pemprov Kalteng fasilitasi akses penyelesaian konflik sektor perkebunan

Baca juga: Jaga stabilisasi harga, Disdagperin lakukan sejumlah langkah strategis jelang Nataru