Ketua Iluni UPR Nuryakin jabarkan penerapan empat "On"

id upr, universitas palangka raya, ketua iluni upr, nuryakin, sekda kalteng, kalteng, kalimantan tengah, mahasiswa upr, palangka raya, empat on, mahasisw

Ketua Iluni UPR Nuryakin jabarkan penerapan empat "On"

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Universitas Palangka Raya menghadiri Sidang Terbuka Senat Universitas Palangka Raya dengan agenda Wisuda Program Pascasarjana dan Sarjana periode Desember 2023, Palangka Raya, Sabtu (16/12/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Palangka Raya (UPR) Nuryakin turut menghadiri Sidang Terbuka Senat UPR dengan agenda wisuda program pascasarjana dan sarjana periode Desember 2023, Sabtu (16/12).
 
Nuryakin di sela kegiatan berpesan, untuk menjadi pemenang di tengah kompetisi global yang semakin meningkat maka modal utama yang harus dimiliki sekaligus dilakukan yakni kerja keras, kerja cerdas serta kerja ikhlas.
 
"Kepada para mahasiswa apabila ingin hidup di atas rata-rata, ambillah empat on," jelasnya yang juga merupakan Sekda Kalimantan Tengah tersebut.
 
Empat on dimaksud, yakni vision atau tetapkan tujuan hidup, action atau ilmu tidak berarti apa-apa tanpa tindakan, passion atau bekerjalah sesuai jiwa dan fokus pada keunggulan, serta collaboration atau kerja sama dan pergaulan yang luas.
 
"Jangan mudah menyerah, karena hidup adalah tantangan, jangan terjebak pada lingkungan yang sering memproduksi narasi negatif, dan jangan terlalu responship pada circle yang tidak senang melihatmu tumbuh," tuturnya.
 
Lebih lanjut dia mengingatkan kepada seluruh mahasiswa, yakni jaminan kesuksesan adalah selalu mematuhi kedua orang tua, banggakan kedua orang tua, jangan pernah menyakiti hati kedua orang tua karena sebenarnya toga yang dikenakan hari ini adalah amanat dari orang tua yang dititipkan untuk diwujudkan.
 
“Ingatlah bahwa panduan kesuksesan dunia adalah di tangan bapakmu, dan surga letaknya di bawah kaki ibumu," tegasnya.

Baca juga: Kepala DPMPTSP Kalteng sepuluh terbaik PKN Tingkat II Angkatan XXXIV
 
Dalam kesempatan ini dia juga menjabarkan, yakni kondisi saat sebagian mahasiswa yang perjalanan menempuh studinya sempat berhadapan dengan COVID-19. Kondisi ini merupakan sebuah kondisi sangat sulit. 
 
Nuryakin meyakini di kampung-kampung ataupun perkotaan bahkan yang keluarga jauh di luar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Papua dan lainnya tak sedikit orang tua yang merasakan sangat berat menghadapi situasi itu, dimana ekonomi semakin sulit, sementara kebutuhan kuliah menjadi semakin besar.
 
“Bahkan mungkin, banyak orang tua yang hadir di ruangan ini saat itu rela makan satu kali sehari agar kalian anak-anaknya di Palangka Raya bisa makan tiga kali sehari. Maka mari jadikan spirit perjuangan dan pengorbanan orang tua anda sebagai motivasi, sebagai suplemen bagi anda semua untuk menjemput kesuksesan," pesannya.
 
Turut hadir Ketua Senat UPR Eddy Lion beserta jajaran anggota, Rektor UPR Salampak, Dekan, Guru Besar, Dosen dan Civitas Akademika UPR, 800 orang Wisudawan-Wisudawati beserta para orang tua dan keluarga.

Baca juga: PKN wujudkan birokrasi berdaya saing kompetitif di Kalteng, berikut peserta berprestasi istimewa

Baca juga: Pemprov Kalteng alokasikan ribuan kilogram komoditi pangan untuk Tanjung Pinang

Baca juga: Radio dan televisi berperan sebagai media katalisator sukseskan Pemilu 2024