Veda pembalap pilihan Dorna Sports ikuti Red Bull Rookies Cup

id Veda Ega Pratama,pembalap indonesia,naik kelas,red bull rookies cup,eropa,dorna sports,motogp

Veda pembalap pilihan Dorna Sports  ikuti Red Bull Rookies Cup

Pembalap Indonesia Veda Ega Pratama (kiri) beradu cepat dengan pembalap lain pada balapan pertama Asia Talent Cup (ATC) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (14/10/2023). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda potensial Indonesia Veda Ega Pratama naik kelas ke level balap Eropa dengan mengikuti Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2024 setelah menorehkan prestasi gemilang pada tahun ini.

Ia mampu menaklukkan Asia dengan menjadi juara di Asia Talent Cup (ATC) 2023 dan finis ketiga di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kelas Asia Production 250 (AP250).

Veda naik kelas ke ajang yang semakin mendekatkan dirinya di MotoGP bersama pembalap asal Thailand Jakkreephat Phuettisan sebagai pembalap pilihan dari Dorna Sports.

“Pembalap Indonesia dan Thailand akan mengambil langkah selanjutnya di jalan menuju MotoGP sebagai pembalap pilihan Dorna di Rookies, yaitu Veda Pratama dan Jakkreephat Phuettisan. Mereka akan berlaga di Red Bull MotoGP Rookies Cup musim depan,” tulis laman resmi ATC, dikutip pada Selasa.

Di ATC, Veda menjadi pembalap Indonesia pertama yang memenangkan kejuaraan balap tersebut. Pembalap asal Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu menjadi juara dengan catatan dua rekor fantastis yakni jumlah kemenangan terbanyak yaitu sembilan kemenangan dan poin terbanyak dengan 256 poin, mengungguli runner up Moto3 tahun ini Ayumu Sasaki pada 2015.

Untuk ARRC 2023 kelas AP250, pembalap milik Astra Honda Road Racing (AHRT) itu mengakhiri kompetisi di posisi tiga besar dengan 160 poin.

Baca juga: Batasan usia baru untuk pembalap Moto3 pada 2024

Di Red Bull Rookies Cup nanti, Veda akan mengendarai motor KTM.

“Musim lalu, Pratama membuat dampak yang signifikan di tahun rookie-nya di ATC dan meskipun mengalami beberapa cedera, ia memenangkan sejumlah balapan untuk mengakhiri musim dengan momentum yang serius,” tambah pernyataan resmi ATC.

“Setelah memulai 2023 sebagai favorit, momentum itu terus tumbuh saat ia meraih sembilan kemenangan dari kemungkinan 12 kemenangan musim ini, meraih gelar juara dengan waktu tersisa,” lanjut pernyataan resmi tersebut.

Red Bull Rookies Cup 2024 akan digelar sebanyak tujuh seri yang dilangsungkan di lima negara yaitu di Sirkuit Jerez (Spanyol), Sirkuit Le Mans (Prancis), Sirkuit Mugello (Italia), Sirkuit Assen (Belanda), Sirkuit Spielberg (Austria), Sirkuit Aragon (Spanyol), dan Sirkuit Misano (Italia).

Red Bull Rookies Cup sendiri telah banyak melahirkan pembalap-pembalap hebat yang berkompetisi di MotoGP seperti Johann Zarco, Brad Binder, Joan Mir, Enea Bastianini, hingga Jorge Martin.

Baca juga: Veda Ega Pratama juara Asia Talent Cup 2023

Baca juga: Veda Pratama ingin berguru ke Eropa

Baca juga: Veda Ega Pratama menangkan IATC di Sirkuit Mandalika