Veda semakin berkembang setelah finis lima besar di Mugello

id Veda Ega Pratama,pembalap muda indonesia,Red Bull Rookies Cup 2024,finis kelima,Sirkuit Mugello,italia

Veda semakin berkembang setelah finis lima besar di Mugello

Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama.(ANTARA/Instagram/@veda_54)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama semakin berkembang pada musim debutnya di Red Bull Rookies Cup 2024 setelah ia finis posisi kelima pada seri ketiga race 1 di Sirkuit Mugello, Italia, Sabtu.


Finis posisi kelima merupakan finis tertinggi Veda sejauh ini setelah catatan terbaik sebelumnya adalah finis posisi ketujuh pada seri kedua race 2 di Sirkuit Le Mans, tiga pekan lalu.

Memulai balapan dari posisi ketujuh, pembalap 15 tahun itu selalu meramaikan posisi empat besar pada dua lap pertama bersama tiga pembalap Spanyol Alvaro Carpe, Maximo Quiles, dan Brian Uriarte, dengan sesekali ia mencicipi posisi kedua.

Ia lalu turun ke posisi ketujuh pada lap empat. Namun, satu lap setelahnya ia kembali ke posisi empat besar di bawah Carpe, Quiles, dan Uriarte yang saling berebut posisi pertama.



Pada lap ketujuh, untuk pertama kalinya Veda memimpin balapan setelah memenangi duelnya dengan Uriarte.

Namun, posisi ini tak lama kemudian kembali diambil pembalap lain dan ia yang merupakan juara Asia Talent Cup (ATC) 2023 dengan rekor mengesankan kembali turun sampai posisi kelima.

Meski terus kehilangan posisi teratas, tapi Veda terus menjaga jarak dan berada pada rombongan pembalap terdepan. Sampai kemudian ia kembali memimpin balapan pada lap ke-12.

Baca juga: Veda Ega nilai dirinya kurang beruntung di Sirkuit Mugello

Sayangnya, saat memasuki tikungan pertama pada lap terakhir, ia yang saat itu memimpin terlibat senggolan dengan rombongan pembalap yang saling memacu gasnya pada balapan yang menyisakan satu lap. Veda lalu melebar dan terlempar ke posisi sepuluh.

Beruntungnya, ia kembali bangkit dan berhasil menyelesaikan balapan pada posisi kelima dengan jarak 0,360 detik dari sang pemenang Quiles yang memenangi balapan sangat tipis 0,004 detik dari Uriarte di posisi kedua.

Sementara itu, posisi ketiga dan keempat diisi oleh Carpe dan Ruche Moodley. Lalu posisi keenam sampai kesepuluh dihuni oleh Valentin Perrone, Hakim Danish, Giulio Pugliese, Carter Thompson, dan Guillem Planques.

Quiles yang memenangi balapan tetap memuncaki klasemen sementara dengan 99 poin, diikuti Uriarter dengan 82 poin, dan Carpe dengan 81 poin.

Untuk Veda, tambahan 11 poin membuatnya naik ke posisi kedelapan dengan 31 poin.

Race 2 di Sirkuit Mugello akan dimainkan pada Minggu pukul 13.35 WIB, sebelum balapan utama seri ketujuh MotoGP di sirkuit yang sama.