Pj Bupati Bartim: Kemenag miliki tugas berat jaga harmoni kehidupan beragama

id Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, Barito Timur, bartim, kalteng

Pj Bupati Bartim: Kemenag miliki tugas berat jaga harmoni kehidupan beragama

Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan menyerahkan piagam penghargaan atas tanda jasa pengabdian selama 30 tahun kepada pegawai Kemenag Barito Timur di Tamiang Layang, Rabu (3/1/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan menyatakan bahwa Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama, merupakan momentum untuk terus memiliki spirit ganda yang diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna.

"Diantara banyak tugas, terberat adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional," kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Rabu (3/1/2023).

Menurutnya, Kemenag merupakan institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas kementerian agama tidaklah ringan. Sebab, Kemenag melaksanakan tugas berat itu dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama, serta tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

"Bekal pendidikan agama yang moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan, termasuk juga di Kabupaten Barito Timur," kata Indra.

Dia menambahkan, Peringatan HAB ke-78 mengusung tema Indonesia Hebat Bersama Umat. Dengan tema tersebut, maka semua umat diajak untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan untuk mewujudkan segala cita-cita dibentuknya kementerian agama. Selain tu juga, tersimpul harapan semoga kementerian agama menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik.

"Seperti sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan tadi. Bahwa setiap tahun baru, insan kementerian harus memiliki spirit ganda yang diwujudkan dalam bentuk amal bakti," kata Indra.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta realisasi anggaran 2024 lebih maksimal

Dalam peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 tahun 2024 di halaman kantor kemenag setempat, Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan menjadi Inspektur Upacara. Acara tersebut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Bartim, H Ahmadi beserta para kasi, Ketua DPRD Bartim Nur Sulistio , unsur forkopimda, FKUB, beberapa kepala OPD lingkup Pemkab Bartim, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Pemkab Bartim siap bekerja sama kelola aset PT Pertamina

Baca juga: Kadis Kesehatan Bartim sebut pencegahan DBD perlu kepedulian semua pihak

Baca juga: Sekda Bartim prihatin ada ASN belum masuk kerja usai cuti bersama