Disarpustaka Kapuas diminta pertahankan predikat terbaik pengawasan kearsipan

id DPRD Kapuas, Kapuas, kalimantan tengah, kalteng, Kabupaten Kapuas, Abdurahman Amur

Disarpustaka Kapuas diminta pertahankan predikat terbaik pengawasan kearsipan

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Abdurahman Amur. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Abdurahman Amur mengingatkan sekaligus meminta kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) setempat, agar dapat mempertahan predikat sebagai Pengelola Pengawasan Kearsipan Eksternal Terbaik Pertama Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.

"Kita apresiasi kepada Disarpustaka Kapuas, yang sangat luar biasa kinerjanya dalam Pengelola Pengawasan Kearsipan Eksternal Terbaik Pertama se-Kalteng," kata Abdurahman Amur, di Kuala Kapuas, Kamis (4/1).

Legislator dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyatakan rasa kagumnya atas berbagai terobosan Disarpustaka Kapuas, sehingga meraih prestasi membanggakan. Sebab, Tidak hanya Tahun 2022, namun juga di tahun 2023 Disarpustaka Kapuas masih menempati peringkat pertama.

"Jadi sangat patut di apresiasi. Harapan kami ini, dapat dipertahankan pada tahun 2024 ini," katanya.

Melalui prestasi yang diraih, wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas V meliputi Kecamatan Bataguh, Kapuas Timur, Tamban Catur dan Kapuas Kuala ini, juga mengapresiasi kinerja beberapa dinas instansi terkait lainnya yang mendapatkan prestasi yang membanggakan.

"Seperti RSUD Kapuas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) maupun dinas lainnya. Kami harapkan ini dapat terus diperhatankan, sehingga pembangunan di kabupaten setempat lebih baik lagi," harapnya.

Baca juga: Calon guru agama Islam di Kapuas diajak ubah paradigma perpustakaan

Sebelumnya, Kepala Dinas Sarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, mengatakan jika prestasi yang diraih tidak terlepas dari dukungan dan komitmen pimpinan yakni Bupati, Sekda, dan DPRD Kapuas. Adapun keempat Bidang dan satu Sekretariat yang ada pada Disarpustaka Kapuas yakni, Pengelolaan Kearsipan, Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan, Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca serta Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan terus saya dorong agar mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) dinas.

"termasuk berkolaborasi dengan berbagai stakeholders baik internal maupun ekternal, berkoordinasi ke Perpustakaan Nasional maupun Arsip Nasional RI, sehingga berbagai program kerja Disarpustaka Kapuas dapat tercapai," demikian Suwarno Muriyat.

Baca juga: Legislator Kapuas dukung insentif damang dinaikkan

Baca juga: Dinas PUPRPKP Kapuas salurkan bantuan RTLH di kawasan kumuh

Baca juga: BPPRD Kapuas diminta proaktif jemput bola pungut pajak