Ketua DAD Kalteng ajak masyarakat tangkal hoaks jelang Pemilu 2024

id Agustiar Sabran ,Palangka Raya,Kalteng,Pemilu 2024 ,DAD Kalteng,hoaks

Ketua DAD Kalteng ajak masyarakat tangkal hoaks jelang Pemilu 2024

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran mengajak seluruh masyarakat untuk menangkal hoaks jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat antisipasi hoaks jelang Pemilu 2024. Tidak melakukan black campaign. Khusus untuk Kalteng jaga kamtibmas kondusif dan jangan sampai menjadi korban hoaks, pastikan informasi selalu akurat," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Selasa.

Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalteng menuturkan, masyarakat di provinsi setempat agar selalu menjaga persatuan bangsa dengan cara menangkal penyebaran berita bohong, karena kondisi di daerah itu selalu kondusif.

Baca juga: DPR RI minta masyarakat Kalteng waspadai bencana banjir

"Informasi yang tidak benar, ujaran kebencian, saling ejek, harus bersama-sama diantisipasi dan jangan sampai menimbulkan kegaduhan di suasana yang sudah kondusif seperti sekarang ini.

"Saya juga mengingatkan untuk terus menjaga falsafah Huma Betang di Kalteng, sehingga hal-hal negatif sama-sama ditangkal dan tidak berimbas kepada gangguan. Saya yakin masyarakat Kalteng bisa menjaga terkait hal tersebut," bebernya.

Menurut kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran tersebut, perilaku penyebaran hoaks, ujaran kebencian, saling hujat, dan lainnya, mengancam keutuhan persatuan Indonesia.

Baca juga: Anggota DPR RI: Pemuda berperan besar dalam pembangunan Kalteng

Maka dari itu hal-hal tersebut janganlah terjadi, meskipun pilihan berbeda namun itu semua proses dari bagian pemilu yang nantinya mereka yang terpilih akan menjadi wakil rakyat pilihan masyarakat.

"Semoga saja pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan dapat berjalan lancar dan aman sesuai keinginan kita bersama," ucapnya.

Agustiar Sabran juga menambahkan, persatuan Indonesia sebagaimana tercantum dalam sila ketiga Pancasila akan terjaga bila segenap anak bangsa bisa menjaga nilai-nilai kemanusiaan.

Baca juga: Ketua DAD Kalteng tak setuju Mandau dibawa saat penyampaian aspiriasi

Menurutnya, sila ketiga Pancasila akan terjaga bila sila kedua Pancasila diimplementasikan.

"Ingat persatuan itu ada bila ada kemanusiaan, ada keadilan dan ada adab. Persatuan ini yang harus kita jaga bersama, sehingga tetap utuh sebagai bangsa yang besar, mengajak masyarakat aktif melawan penyebaran hoax atau berita bohong dan radikalisme di media sosial," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: Ketua DAD Kalteng ajak masyarakat menjaga keberagaman antarumat beragama

Baca juga: Agustiar Sabran: Ibu miliki peran dalam mendidik anak dan membangun Kalteng

Baca juga: Legislator asal Kalteng: Waspadai bencana alam akibat cuaca ekstrem