Pemkab Seruyan tindaklanjuti arahan Mendagri, optimalkan pengendalian inflasi

id pemkab seruyan, kuala pembuang, seruyan

Pemkab Seruyan tindaklanjuti arahan Mendagri, optimalkan pengendalian inflasi

Pj Bupati Seruyan, Djainu'ddin Noor saat menghadiri Rakor secara Vicon di ruang Rapar Kantor Bupati Seruyan, Kuala Pembuang, Senin (5/2/2024). (ANTARA/HO-Prokom Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Djainuddin Noor mengatakan ada tiga komoditas yang turut menyumbangkan kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) di kabupaten setempat pada Minggu pertama Februari 2024.

"Indeks Perkembangan Harga atau IPH Kabupaten Seruyan pada Minggu ke 1 bulan Februari 2024 yaitu 2,178 persen," jelasnya di Kuala Pembuang, Senin.

Adapun komoditas penyumbang kenaikan IPH di antaranya, daging ayam ras 0,262 persen, Cabai Merah 0,586 persen dan Beras 2,662 persen.

Hal itu ia disampaikan saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Mingguan Pengendalian Inflasi yang turut diikuti pemerintah daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Djainuddin Noor menyampaikan, rakor yang diikuti pihaknya ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Mendagri dan ada beberapa palaran yang disampaikan Mendagri.

Adapun yang menjadi arahan Menteri Dalam Negeri akan terus dilakukan secara maksimal oleh pemerintah daerah. Termasuk upaya dalam mengoptimalkan pengendalian inflasi di daerah.

"Bapak Mendagri meminta agar para kepala daerah mengoptimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD. Targetnya adalah mengendalikan inflasi yang terjadi di daerah," jelasnya.

Masing-masing daerah agar melaksanakan intervensi kepada pasar menyesuaikan kondisi daerah maupun keperluan masing-masing daerah.